Kongres Partai Buruh Digelar Pagi Nanti, Begini Penjelasan Said Iqbal

rmol.id | Nasional | Published at Senin, 04 Oktober 2021 - 00:32
Kongres Partai Buruh Digelar Pagi Nanti, Begini Penjelasan Said Iqbal

RMOL.Rencana menghidupkan kembali Partai Buruh, agar bisa mengikuti Pemilu 2024, nampaknya diseriusi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal,

Pasalnya, dia mengumumkan jadwal penyelenggaraan Kongres Partai Buruh, dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Minggu (3/10).

"Partai Buruh yang akan didekalrasi ulang melakukan kongres 4-5 Oktober 2021 di Jakarta," ujar Said Iqbal.

Dirinya memastikan, Partai Buruh akan melanjutkan visi saat pertama kali dibentuk. Namun dalam prosesnya, Said Iqba memandang perlu pengaturan ulang bentuk administrasi kepartaian.

Sehingga dalam kongres nanti pagi, Said Iqbal menjelaskan bahwa 11 organisasi buruh yang terlibat dalam deklarasi dan kongres akan memutuskan banyak hal mendasar yang berbeda dari Partai Buruh sebelumnya.

"Pada prinsipnya kongres akan mengesahkan badan pendiri Partai Buruh yang baru, atau pemilik partai buruh baru," tuturnya.

Lebih lanjut, Said Iqbal menerangkan bahwa kebangkitan Partai Buruh baru diinisiasi oleh 4 serikat pekerja terbesar yaitu KSPSI Andi Gane, KSPI, KSBSI, dan KPBI, serta 50 serikat pekerja tingkat nasional.

"Kehadiran Partai Buruh di Indonesia dinilai penting sebagai negara industri," katanya.

Rencananya, pada hari ini akan dilakukan deklarasi kebangkitan Partai Buruh yang kemudian akan dilanjutkan agenda kongres partai hingga Selasa (5/10). []

Artikel Asli