Loading...
Loading…
Antisipasi Penolakan Warga, Pemkot Jambi Siapkan TPU untuk Jenazah Covid-19

Antisipasi Penolakan Warga, Pemkot Jambi Siapkan TPU untuk Jenazah Covid-19

Nasional | okezone | Rabu, 29 April 2020 - 23:26

JAMBI Khawatir terjadi penolakan terhadap jenazah Covid-19 seperti daerah lain, Pemerintah Kota Jambi bertindak cepat. Lokasi tempat pemakaman umum (TPU) Pusara Agung yang terletak di kawasan Lingkar Selatan, Kotabaru, Kota Jambi, langsung disiapkan.

Pemkot Jambi menyiapkan sekitar 3,5 hektar lahan bagi warga Kota Jambi yang keluarganya meninggal akibat Covid-19.

Menurut Wali Kota Jambi Syarif Fasha yang meninjau langsung lokasi TPU tersebut merupakan milik Pemerintah Kota Jambi, dengan luas lebih kurang 3,5 hektare.

"TPU ini lagi tahap dibersihkan semua dan insya Allah dalam minggu ini sudah siap dan jalannya juga sudah dipasang konblok semua," ucapnya, Rabu (29/4/2020).

Dia menambahkan, TPU ini dipersiapkan Pemkot Jambi untuk mengantisipasi apabila terdapat penolakan dari warga untuk memakamkan jenazah korban Covid-19.

"Dengan adanya TPU ini akan kami pusatkan di sini, tapi ini TPU ini khusus untuk muslim. Untuk nonmuslim nanti akan kita koordinasikan di Pall 12, yakni di Bumi Langgeng," ucap Fasha.

Belasan Korban Covid-19 Dimakamkan di TPU Pondok Rangon Hari Ini

Ia mengakui, untuk petugas penggali makam, pemandi jenazah, pengurusan ke pemakaman serta ustadz sudah siap.

"Nanti petugas akan dilatih di Mako Damkar Posko Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi, termasuk relawan yang telah direkrut akan dilatih juga," katanya.

Wali Kota juga menyebutkan, satuan gugus tugas Kota Jambi Insyaallah siap dalam kondisi terburuk apapun, termasuk apabila ada korban jiwa.

"Kepada masyarakat Kota Jambi, baik yang sudah terkonfirmasi positif untuk tidak perlu takut karena kami pemerintah Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi sudah siap dalam kondisi seburuk apapun," ujar Fasha.

Sedangkan Iwan, penggali makam mengaku siap menjalankan tugas. "Khawatir sih, tapi setelah dijelaskan Pak Wali Kota, bahwa virus tersebut ikut mati dibawa jenazah, ya lega," tuturnya.

Original Source

Topik Menarik