Loading...
Loading…
Polisi Larang Kendaraan Pribadi dan Pariwisata Masuk Sumbar

Polisi Larang Kendaraan Pribadi dan Pariwisata Masuk Sumbar

Nasional | okezone | Rabu, 29 April 2020 - 05:02

PADANG - Kapolda Sumbar, Irjen Toni Harmanto meminta kepada semua pemilik kendaraan yang datang dari luar untuk tidak masuk ke Sumatera Barat (Sumbar). Hal itu dilakukan guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah Sumbar.

"Kendaraan yang hanya dibolehkan yakni angkutan sembako, alat kesehatan, mobil tangki BBM, ambulans, pemadam kebakaran dan kendaraan dinas TNI-Polri," katanya, Selasa (24/4/2020).

Kapolda juga meminta bantuan dan kerja sama semua pihak, serta pengelola angkutan umum dan pelaku pariwisata untuk tidak melakukan dan melayani kegiatan mudik Lebaran 2020 ke Sumbar.

Jika tetap memaksa untuk masuk, kendaraan akan dicegah dan dilarang ke wilayah perbatasan yang saat ini sudah berdiri Pos Pam Ops Ketupat 2020.

"Sehingga dengan demikian tidak terjadi penumpukan kendaraan di pos pam perbatasan dan untuk menghindari kesulitan warga yang balik kembali ke tempat asalnya," ucapnya.

Sementara itu sesuai denganPermenhub RI Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam Masa Mudik Lebaran Tahun 2020, Pemprov Sumbar menarik semua petugas yang ada di pintu masuk Sumbar. Pasalnya, petugas yang mengisi posisi tersebut tidak lagi dari Pemerintah Daerah, namun dari Kementerian Perhubungan, TNI dan Polri.

Sedangkan petugas yang selama ini mendata kedatangan orang di pintu masuk Sumbar akan diperbantukan pada perbatasan antarkabupaten dan kota. Sehingga penerapan PSBB dapat dilakukan dengan maksimal.

Semuanya kita tarik, karena sesuai dengan Permenhub tersebut petugas itu dari Kepolisian-TNI, dan Kementrian Perhubungan. Karena yang berlaku Permenhub, kalau PSBB dasarnya dari Kemenkes, kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Sebelumnya pada perbatasan ini, Pemprov Sumbar menempatkan masing-masing 54 petugas untuk tiga sif yang terdiri dari 18 orang/sif. Jumlah perbatasan yang dijaga ada 10 pintu masuk

Original Source

Topik Menarik