Loading...
Loading…
Tak Bisa Berbuat Banyak, Jatah Vaksin Lobar Dialihkan ke Loteng

Tak Bisa Berbuat Banyak, Jatah Vaksin Lobar Dialihkan ke Loteng

Nasional | suarantb | Jumat, 24 September 2021 - 01:29

Giri Menang (Suara NTB) Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid mengatakan stok dosis vaksin di Lobar saat ini kosong. Jatah vaksin Lobar dialihkan ke Lombok Tengah (Loteng). Karena soal vaksin ini menjadi kewenangan pusat, bupati pun mengaku tidak bisa berbuat banyak.

Jatah vaksin kita dialihkan ke Loteng. Semua dikhususkan untuk Loteng. Kayaknya pertimbangannya, kebijakan ini diambil untuk mempercepat, kata Bupati saat dikonfirmasi di Labuapi, Kamis, 23 September 2021.

Saat ini, jelas dia, Loteng diserbu vaksinasi. Pertimbangannya fokus ke satu daerah untuk mempercepat vaksinasi. Karena sebelumnya vaksinasi fokus dilakukan di Kota Mataram. Menanggapi keluhan kepala desa (kades) terkait permintaan mobilisasi warga untuk vaksin, namun kondisi stok vaksin kosong, bupati mengaku tidak hanya kades yang mengalami hal demikian. Namun juga dialami oleh Pemda, TNI, Polri.

Vaksin bukan kewenangan kita, siapa yang mau dimarahi. Ayo, kan sama keluhan kita (stok vaksin kosong), katanya.

Namun sesuai janji pusat, mulai Minggu depan Lobar akan diserbu vaksinasi oleh semua, baik Polda, TNI, Pemprov dan tentunya dengan Pemda.

Sementara itu, Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) Dinas Kesehatan (Dikes) Lobar dr. H. Ahmad Taufiq Fathoni mengatakan saat ini stok vaksin di Dikes kosong. Bahkan rata-rata di puskesmas pun habis. Kondisi vaksin saat ini diakui tak sejalan dengan target pusat agar 50-70 persen dari target 530 sudah tervaksin bulan depan.

Apalagi kata dia, dalam sehari dilakukan vaksinasi bisa mencapai 2 3 ribu jika vaksin selalu tersedia. Karena rata-rata satu lokasi vaksinasi membeludak, sehingga dosis yang disiapkan 300, namun warga yang datang 500 orang. Di sinilah letak kesulitan nantinya memberi kesadaran lagi ke warga yang sudah antusias vaksinasi, namun vaksin kosong.

Ia menyebut progres vaksinasi sejauh ini untuk dosis 1 sebanyak 96.576 jiwa atau 17,7 persen. Dosis 2 sebanyak 45.852 jiwa, sehingga totalnya mencapai 142.428 jiwa. Sedangkan untuk dosis ketiga bagi nakes sebanyak 1.566 orang. (her)

Artikel Tak Bisa Berbuat Banyak, Jatah Vaksin Lobar Dialihkan ke Loteng pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{