Jenderal Australia Ungkap Fakta Mengejutkan Soal Keterlibatan Pasukan Kostrad di Negara Kanguru Tersebut

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Selasa, 21 September 2021 - 15:24
Jenderal Australia Ungkap Fakta Mengejutkan Soal Keterlibatan Pasukan Kostrad di Negara Kanguru Tersebut

JAKARTA - Ada sebuah fakta mengejutkan yang diungkapkan jenderal bintang dua Angkatan Darat Australia saat berkunjung dan bertemu dengan Pangkostrad, Letjen Dudung Abdurachman di Markas Kostrad, di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Fakta mengejutkan yang diungkap oleh jenderal bintang dua Australia ini adalah soal keterlibatan pasukan Kostrad di Negeri Kanguru tersebut. Katanya, ada keterlibatan pasukan dari satuan Zeni Kostrad dalam operasi pemadaman kebakaran besar yang sempat melanda Australia.

Jenderal bintang dua Angkatan Darat Australia yang mengungkapkan fakta itu adalah Major General Justin (Jake) Ellwood. Dia adalah Panglima Divisi 1 Angkatan Darat Australia.

"Saya mengapresiasi keterlibatan dan keberhasilan prajurit Zeni Indonesia yang ikut terlibat dalam Satgas penanggulangan kebakaran hutan yang melanda Australia," kata Major General Justin (Jake) Ellwood, usai bertemu dengan Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman seperti dikutip dari keterangan Penerangan Kostrad yang diterima Koran Jakarta , Selasa (21/9).

Dalam keterangannya, Penerangan Kostrad menyatakan, jika pada hari Senin kemarin, Pangkostrad, Letjen TNI Dudung Abdurachman baru saja menerima kunjungan kehormatan Panglima Divisi 1 Angkatan Darat Australia Major General Justin (Jake) Ellwood di ruang kerjanya di Markas Kostrad.

Major General Justin (Jake) Ellwood Panglima Divisi 1 Angkatan Darat Australia datang menemui Pangkostrad didampingi Atase Darat Kedubes Australia Colonel Micah Batt, ADC Captain Katherine Joan Clarkson dan Asisten Atase Darat Kedubes Australia WO2 Richard Swaby.

"Tujuan kedatangan Major General Justin (Jake) Ellwood Panglima Divisi 1 Angkatan Darat Australia untuk membangun komunikasi dan kerjasama antara Angkatan Darat, khususnya Kostrad dengan Angkatan Darat Australia," kata Penerangan Kostrad.

Usai bertemu dengan Pangkostrad, Major General Justin (Jake) Ellwood mengatakan jika kunjungan kali ini sangatlah bermanfaat bagi kedua belah pihak, khususnya bagi Angkatan Darat Australia, dimana dapat bertatap muka secara langsung dengan para pejabat Kostrad dan mengenal lebih dekat dengan pasukan elit Indonesia.

"Kami berharap kunjungan ini dapat mempererat hubungan kedua negara, khususnya di bidang latihan. Dimana dalam waktu dekat akan ada penyelenggaraan latihan Wirajaya Ausindo yang melibatkan tentara kedua negara di Australia," ujarnya.

Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman, mengatakan kerjasama antara TNI AD - RA Army di bidang Latma (Joint Exercise) khususnya yang melibatkan satuan dan prajurit Kostrad dapat ditingkatkan di masa mendatang baik dari aspek kuantitas dan kualitas.

"Ke depan, kami juga berencana untuk memberangkatkan prajurit Kostrad dalam mengikuti Latma Wirrajaya Aussindo sebanyak 152 orang di Darwin pada tanggal 26 September 2021," ucap Pangkostrad.

Turut hadi mendampingi Pangkostrad, Kaskostrad Mayjen TNI Ainurrahman, Irkostrad Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, Kapoksahli Pangkostrad, para Asisten Kaskostrad, Kapen Kostrad, Paban VI/Hublu Sintelad, Pabandya-2/Bungprot, Spaban VI/Hublu Sintelad dan Kaur Prot Spabandya-2/Bungprot Spaban VI/Hublu Sintelad.

Artikel Asli