Pemkab Gresik Target Herd Immunity Tuntas Dua Pekan Kedepan

Nasional | jatimtimes.com | Published at Selasa, 21 September 2021 - 14:43
Pemkab Gresik Target Herd Immunity Tuntas Dua Pekan Kedepan

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik terus mengejar percepatan vaksinasi untuk mencapai target herd immunity atau kekebalan kelompok.

Saat ini sebanyak 520 ribu dari 1,3 juta penduduk Gresik yang sudah menjalani vaksinasi. Untuk mencapai target 70 persen herd immunity, sebanyak 917 ribu penduduk harus tervaksin.

Artinya, tinggal sekitar 400 ribuan penduduk yang harus divaksin dalam waktu dua pekan kedepan. Minimal setiap harinya harus mencapai minimal 10 ribu vaksinasi.

"Perlu sinergitas yang baik hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan sehingga vaksinasi bisa berjalan lancar," ujar Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah saat rapat evaluasi PTM di Pemkab Gresik, Selasa (21/9/2021).

Bu Min memberikan apresiasi kepada semua pihak yang sudah bekerja keras agar PTM bisa berjalan lancar dan kondusif. Terutama kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk pelajar dan santri yang terus diakselerasi dari hari ke hari.

Pada satu minggu sebelumnya terjadi kenaikan angka vaksinasi sebesar 13 persen. Untuk vaksin pertama sampai hari ini sebesar 51 persen. Sementara untuk vaksin kedua sebesar 20 persen.

Bu Min menyebut, pelaksanaan PTM di Kabupaten Gresik ini sudah berlangsung sekitar 3 minggu. Meski dilaksanakan terbatas, dirinya yakin pelaksanaannya sesuai protokol kesehatan.

"Kami lihat PTM sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Insya Allah anak-anak melakukan pembelajaran dengan aman," imbuhnya.

Bahkan, selama PTM berjalan tidak ada laporan mengenai pelajar yang terinfeksi Covid-19. Sampai saat ini hampir 94 persen pelajar yang mengikuti PTM. Sebanyak 6 persen masih daring.

Artikel Asli