Belum Genap Sebulan Dibuka, Ratusan Warga Sidoarjo Daftar Haji

Nasional | jawapos | Published at Selasa, 21 September 2021 - 12:51
Belum Genap Sebulan Dibuka, Ratusan Warga Sidoarjo Daftar Haji

JawaPos.com- Animo warga Sidoarjo untuk beribadah ke Tanah Suci terbilang sangat tinggi. Buktinya, belum genap sebulan pendaftaran haji dibuka setelah berhenti karena PPKM, sudah ada ratusan warga yang mendaftar. Sejak 30 Agustus hingga kemarin (20/9), sebanyak 369 orang yang mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji (CJH).

Setiap hari kerja, selalu ada warga yang datang ke gedung layanan haji dan umrah Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo. Dalam sehari, rata-rata ada 25 hingga 30 warga yang mendaftar. Jumlah tersebut lebih sedikit dibanding sebelum pandemi. Kala itu, ada 45 hingga 50 orang yang mendaftar setiap hari.

Meski kondisi tidak seperti dulu lagi, masih banyak warga yang ingin berhaji. Beribadah ke Tanah Suci, kata Kasi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Sidoarjo Rohmat Nasrudin kemarin. Pandemi memang memengaruhi perekonomian banyak orang. Namun, tak menghapus keinginan untuk menyempurnakan rukun iman.

Sistem komputerisasi haji terpadu (siskohat) sempat tidak aktif saat masa PPKM masih sangat ketat. Selama lebih dari satu bulan tidak ada pendaftaran haji. Warga harus bersabar. Apalagi, selama dua tahun terakhir, pelaksanakan haji ditiadakan. Selama itu pula, banyak CJH yang seharusnya berangkat membatalkan porsi haji. Ada juga yang tidak jadi berhaji karena telah meninggal dunia. Ada lebih dari 53 CJH yang mengundurkan diri.

Hari ini (kemarin, Red) ada empat orang CJH yang melakukan pembatalan porsi haji, lanjut Nasrudin. Satu orang karena meninggal dunia dan tiga lainnya sengaja melakukan pembatalan dengan alasan tertentu. Di antaranya, ada yang sakit dan tidak mungkin pergi berhaji.

Pembukaan kembali layanan pendaftaran haji disambut antusias oleh warga yang sudah lama menanti. Salah satunya adalah Siti Mamlukah. Warga 56 tahun itu sejak lama berkeinginan untik mendaftar haji. Dia pun sangat terharu akhirnya bisa mendaftar untuk beribadah ke Tanah Suci. Alhamdulillah, sekarang bisa mendaftar, ujar warga yang tinggal di Porong itu.

Artikel Asli