Jaga Soliditas Partai Sikap Tegas PDIP Ke Ganjar Patut Dihormati

Nasional | rm.id | Published at Selasa, 21 September 2021 - 11:22
Jaga Soliditas Partai Sikap Tegas PDIP Ke Ganjar Patut Dihormati

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai, sikap tegas PDIP terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mendapat banyak dukungan maju di Pilpres 2024 patut dihormati. Langkah PDIP itu merupakan upaya menjaga soliditas internal partai. Tujuannya, agar tidak ada yang mereduksi kekuasaan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam menentukan pilihan.

"Relawan yang mengemuka lebih banyak bukan dari kader PDIP, dan langkah PDIP bersikap tegas semacam itu cukup baik," kata Dedi, saat dihubungi RM.id , Selasa (21/9).

Dedi pun menyarankan ke Ganjar untuk bersabar. Jangan terlihat semakin menunjukkan gelagat nafsu berkuasa, sebelum memastikan Jawa Tengah tertangani dengan baik. "Bagaimanapun, ia kader partai yang harus tunduk pada putusan partai," ujarnya.

Jika Ganjar terus membiarkan dukungan para relawab kepadanya, justru semakin merenggangkan relasi dengan PDIP. Sementara, Ganjar juga belum tentu mendapat tempat di partai lain.

Menurut Dedi, sistem di PDIP, Ganjar dipandang sebatas kader, setara dengan tokoh lain. Sehingga, ketika terlihat berupaya mendahului sikap pimpinan, dianggap sebagai tindakan tidak loyal.

"Ganjar seharusnya memahami itu. Dengan elektabilitas yang saat ini memimpin, ia seharusnya lebih bijaksana," sebut pengamat politik jebolan UIN Syarif Hidayatullah itu.

Apalagi, secara struktural, semua partai politik belum menentukan kader yang akan terusung, kecuali tokoh yang memang menjadi ketua umum. Artinya, sikap PDIP bukan menghambat tekad Ganjar. "Malah sebaliknya, langkah PDIP bersikap tegas seperti itu cukup baik," tandas dia.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, partainya akan memberikan sanksi ke kader yang didukung maju di Pilpres 2024 sebelum ada keputusan dari Megawati. [ UMM ]

Artikel Asli