PKL Tegal Laka Laka Akan Dipindah Sementara ke HOS Cokroaminoto dan Setiabudi, Malioboro Tegal Jalan Terus

Nasional | radartegal | Published at Selasa, 21 September 2021 - 11:20
PKL Tegal Laka Laka Akan Dipindah Sementara ke HOS Cokroaminoto dan Setiabudi, Malioboro Tegal Jalan Terus

Meski memicu pro dan kontra, penataan kawasan Jalan Ahmad Yani menjadi city walk dengan mengadopsi konsep Malioboro di Yogyakarta jalan terus. PemkotTegal berencana melanjutkan revitalisasinya dengan menyiapkan relokasi pedagang yang awalnya berjualan jantung Kota Bahari itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kota Tegal Sugiyanto mengatakan bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait lainnya, pihaknya telah menggelar rapat dengan ketua Paguyuban Pedagang. Intinya, Pemkot Tegal sudah menyediakan relokasi pedagang di dua lokasi.

"Kita sudah menggelar rapat bersama OPD terkait dan perwakilan ketua pedagang. Saat ini sudah kita siapkan tempat untuk relokasi," katanya.

Menurut Sugiyanto, dua lokasi yang akan dijadikan tempat relokasi yakni di Jalan HOS Cokroaminoto dan Setia Budi. Karenanya, proyek akan tetap dilanjutkan, bahkan di lapangan sudah mulai pengukuran.

"Tetap dilanjutkan, di lapangan juga langsung kita lakukan pengukuran," ujarnya lagi.

Sebelumnya, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Senin (20/9) kemarin, mengatakan pekerjaan penataan Jalan Ahmad Yani merupakan program Pemkot Tegal yang sudah direncanakan dan tertuang dalam RPJMD. Menurutnya, secara teknis hal itu dilakukan melalui OPD terkait, dan telah ditindaklanjuti dengan penyusunanperencanaan pada 2019.

"Guna mematangkan kegiatan tersebut telah dilakukan rapat-rapat koordinasi lintas Organisasi Perangkat Daerah," katanyadalam penyampaian jawaban atas pemandangan umum fraksi Golkar pada rapat Paripurna DPRD,kemarin.

Sejalan dengan itu, kata Dedy Yon, sosialisasi kepada masyarakat secara umum telah dilaksanakan pada berbagai pertemuan dengan tokoh masyarakat dan lapisan lainnya. Bahkan, selalu disampaikan Jalan Ahmad Yani akan dibangun Citywalk.

"Hal tersebut dikandung maksud untuk menjadikan daya tarik masyarakat terhadap Kota Tegal. Sedangkan mengenai penataan PKL akibat pembangunan itu direncanakan dilakukan di Jalan HOS Cokroaminoto dan Setiabudi," tandasnya. (muj/zul)

Artikel Asli