Bakal Sanksi Kader Yang Didukung Nyapres, PDIP Ganjal Ganjar?

Nasional | rm.id | Published at Selasa, 21 September 2021 - 10:54
Bakal Sanksi Kader Yang Didukung Nyapres, PDIP Ganjal Ganjar?

Sejumlah relawan mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju Capres 2024. Menanggapi hal itu, PDIP tidak tinggal diam. Banteng akan memberikan sanksi kepada kadernya yang didukung dan mendukung Capres sebelum ada keputusan dari Megawati Soekarnoputri.

Sikap PDIP ini disayangkan Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago. Menurut dia, sikap PDIP ini memperlihatkan jika mereka sedang berusaha menjegal Ganjar.

Menurut Pangi, bukan kewenangan Ganjar melarang dan membendung deklarasi dukungan maju Capres kepadanya. Kemungkinan, gelombang dukungan itu bersifat alamiah.

"Apa yang dilanggar Ganjar? Ganjar didukung itu bagian dari kebebasan berpendapat, berekspresi," jawab Pangi kepada RM.id, Selasa (21/9).

Aneh, cuma karena tidak bisa menghentikan dukungan, kemudian Ganjar mendapat sanski. Pengamat politik jebolan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu sesumbar, PDIP tidak berpikir terukur. Toh, secara pribadi Ganjar belum pernah mendeklarasikan diri menjadi Capres.

"Kecuali Ganjar sudah mendeklarasikan diri sebagai Capres. Itu namanya dia mendahului Mega," tukasnya.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan akan memberikan sanksi ke kader yang didukung maju di Pilpres 2024 sebelum ada keputusan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. [ UMM ]

Artikel Asli