Penerapan Ganjil Genap di Malioboro dan Tiga Objek Wisata Diberlakukan

Nasional | limapagi.id | Published at Selasa, 21 September 2021 - 10:05
Penerapan Ganjil Genap di Malioboro dan Tiga Objek Wisata Diberlakukan

LIMAPAGI - Penerapan rekayasa lalu lintas ganjil genap di Kota Yogyakarta, khususnya di Jalan Malioboro dan obyek wisata resmi diberlakukan. Hal itu ditandai dengan dilaksanakannya apel gelar pasukan Operasi Patuh Progo 2021 Polresta Yogyakarta, Senin, 20 September 2021.

Kapolresta Yogyakarta Komisaris Besar Polisi Purwadi Wahyu Anggoro mengatakan, Operasi Patuh Progo 2021 berlangsung selama dua minggu, terhitung Senin 20 September sampai dengan Minggu 3 Oktober 2021. "Bersamaan dengan itu, penerapan rekayasa lalu lintas ganjil genap juga resmi diberlakukan di Jalan Malioboro dan destinasi wisata," katanya.

Bahkan, kata Kapolres, penerapan ganjil genap di Malioboro sebenarnya sudah mulai sejak Minggu, 19 September 2021. Namun, rekayasa lalu lintas ganjil genap ini baru percobaan. "Nanti akan kami evaluasi," ungkapnya.

Kombes Purwadi mengungkapkan, mulai pekan ini khususnya di hari Sabtu dan Minggu penerapan rekayasa lalu lintas ganjil genap sudah siap dilaksanakan. Contohnya misal Sabtu, 25 September 2021 yang akan datang merupakan tanggal ganjil, maka kendaraan yang boleh melintas di Jalan Malioboro dan tiga destinasi wisata di Kota Yogyakarta yang sudah beroperasi harus berpelat ganjil.

Kapolres menegaskan, rekayasa ganjil genap berlaku bagi semua kendaraan, baik kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua. Dia meminta warga memahami kebijakan ini karena semata-mata untuk mengurangi potensi kerumunan setiap akhir pekan.

"Semua kendaraan, kalau dilihat dari kondisi sekarang yang namanya wisata tidak hanya pakai kendaraan roda empat. Apalagi setiap malam Minggu sudah ada ratusan bus masuk, artinya Yogyakarta sudah menggeliat," jelas Kapolres.

Dia mengatakan, kebijakan ini untuk kebaikan bersama. Orang tetap dapat berwisata di Yogyakarta tetapi masyarakat tetap aman dan sehat. "Sementara pelaksanaan Sabtu-Minggu, lainnya menyesuaikan. Kami upayakan semuanya aman," ungkapnya.

Artikel Asli