Bahaya Puluhan Pengunjung Mall Terkonfirmasi Positif Covid-19 Tetap Berkeliaran, Pemkot Bandung Pertanyakan Kinerja Satgas

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Selasa, 21 September 2021 - 08:30
Bahaya Puluhan Pengunjung Mall Terkonfirmasi Positif Covid-19 Tetap Berkeliaran, Pemkot Bandung Pertanyakan Kinerja Satgas

Pemerintah Kota Bandung sudah membuka pusat perbelanjaan dan mall pada Agustus lalu dengan catatan pengunjung wajib sudah mendapatkan vaksinasi minimal dosis pertama dan menggunakan aplikasi Pedulilindungi sebagai syarat untuk memasuki area perbelanjaan.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan setelah lebih dari sebulan dibuka, sebanyak 85 pengunjung mall di Kota Bandung terdeteksi positif Covid-19 mereka terdeteksi setelah melakukan scan di aplikasi Pedulilindungi di 23 mall di Bandung.

Elly menyampaikan data tersebut berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Kota Bandung yang berhasil dihimpun dari aplikasi Pedulilindungi.

"Tapi saya pastikan pengunjung itu tak masuk area mal karena tak diperbolehkan oleh petugas setelah terdeteksi positif. Saya pun coba konfirmasi ke pimpinan mal, ternyata penjelasannya pengunjung tak masuk area mal. Namun, karena sudah scan jadi datanya masuk ke Pedulilindungi," kata Elly.

Elly menambahkan setelah adanya penemuan ini bakal mengumpulkan kembali para pimpinan mall di Bandung untuk menindaklanjuti adanya pengunjung yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan bagaimana cara penanganannya.

Elly menghimbau untuk para petugas keamanan untuk lebih tegas dalam menyikapi setiap pengunjung mal. Sehingga jika terdeteksi pengunjung dengan status hitam maka penangannya akan lebih cepat.

"Kami bersama Dinas kesehatan dan juga APBBI kita akan kumpulkan, menyikapi apakah harus dilakukan penanganan di sini atau ke fasilitas kesehatan terdekat. Jadi intinya, langkah-langkah akan semakin cepat jika ada pengunjung yang terdeteksi," kata Elly.

Sejauh ini, Elly menegaskan para petugas yang berada di setiap mall sudah menjalankan prosedur sesuai aturan. Seperti tidak memperbolehkan pengunjung yang belum vaksin dan anak di bawah usia 12 tahun untuk tidak masuk ke area Mall.

Sementara, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan satgas covid-19 di setiap mall harus bertindak cepat jika menemukan pengunjung yang terdeteksi positif covid-19 di Mal. Setelah menemukan adanya puluhan masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19 yang tetap berkunjung ke mall di Kota Bandung.

"Prinsipnya begini, di semua tempat yang kita beri relaksasi itu satgas harus maksimal, disana kan ada ruang isolasi ada petugas kesehatan itu harus cepat, Kalaupun ada kasus kami perintahkan untuk segera ditangani," ujar Ema.

Ema menilai petugas di lapangan harus lebih berani dalam mengambil tindakan tegas terhadap mereka yang terdeteksi positif covid-19. Petugas bukan hanya melarang masuk tapi harus juga melaporkan ke Satgas Covid-19

"Nah masalah yang kemarin itu ada yang warna hitam itu kan artinya ada orang yang terpapar tapi jalan-jalan, Mohon maaf hal-hal yang begini tidak ada toleransi, kalau mereka tidak layak ya jangan, bahkan harus segera dilaporkan ke institusi kesehatan untuk segera ditangani," jelasnya.

Artikel Asli