254 Tempat Wisata di Jatim Akan Terapkan One Gate System

jawapos | Nasional | Published at Jumat, 17 September 2021 - 22:26
254 Tempat Wisata di Jatim Akan Terapkan One Gate System

JawaPos.com -- One gate system akan dilakukan di seluruh tempat wisata di Jawa Timur. Kawasan wisata Bromo dan Sarangan akan menjadi tempat wisata pertama yang dilakukan uji coba.

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Alfinta menegaskan, pihaknya sudah mendapatkan telegram dari Mabes Polri. Isinya, membentuk satgas KRD atau kegiatan rutin yang ditingkatkan.

Sasaran dari satgas ini yaitu tempat-tempat keramaian, tempat wisata, tempat yang dikhawatirkan timbul penyebaran Covid-19, tutur Nico di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (17/9).

Nico memastikan pihaknya akan segera mendatangi tempat-tempat wisata untuk melihat dan meningkatkan disiplin prokes pada masyarakat. Tidak hanya tinjauan, juga teguran lisan maupun denda sesuai dengan aturan.

Saya sendiri sudah mengecek dua lokasi. Bromo dan Sarangan. Kami akan gunakan one gate system dan aplikasi PeduliLindungi . Kami masifkan vaksinasi kepada seluruh komponen masyarakat yang terlibat di dalam pelaksanaan pariwisata, yaitu pelaku pariwisata, kata Nico.

Beberapa pihak yang menjadi sasaran vaksin di antaranya seperti penunggang kuda di Bromo serta masyarakat setempat. Nico meminta mereka harus divaksin minimal 1 kali.

Jadi orang yang keluar dan masuk akan terlihat (di aplikasi PeduliLindungi ). Kemudian pengunjung menunjukkan atau scan QR Code yang sudah terpasang, terang Nico.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menegaskan, 154 tempat wisata di Jatim sudah dibuka. Seluruh tempat itu sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk.

Jatim menjadi satu-satunya provinsi level 1 di Jawa-Bali. Dari 254 tempat wisata, 154 sudah dibuka, tutur Khofifah.

Artikel Asli