Majikan Jemur Pembantu di Pinggir Jalan

jawapos | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 15:15
Majikan Jemur Pembantu di Pinggir Jalan

JawaPos.com Firdaus Fairus disebut pernah menjemur pembantunya, Elok Anggraini, di tengah terik matahari. Perbuatan itu diketahui Ishadi Purnowiyono, petugas satpam di kompleks perumahan tempat tinggal Fairus di Jalan Manyar Tirtomoyo.

Ketika itu, pada akhir April lalu sekitar pukul 11.00, Ishadi yang berpatroli di kompleks istirahat sebentar di bawah pohon belakang pos satpam, tepat di depan rumah Fairus. Dia melihat Elok berdiri membungkuk di pinggir jalan depan rumah. Fairus berdiri di dekat pembantunya. Ishadi yang merasa iba kemudian bertanya kepada Fairus tentang alasan pembantunya dijemur.

Bu Fairus bilang,Biarin, biar dia rasain dijemur di luar pagar, pinggir jalan, kata Ishadi saat memberikan keterangan sebagai saksi dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Rabu (15/9).

Ishadi sempat menyarankan Fairus memulangkan pembantunya kalau memang sudah tidak suka dengan kerjanya. Namun, Fairus menolaknya. Dia beralasan kasihan terhadap anak Elok yang dianggapnya pandai. Di rumah itu, Elok memang tinggal bersama anaknya yang masih kecil.

Fairus sempat menyampaikan alasannya menjemur Elok. Menurut dia, Elok telah mencuri. Namun, tidak jelas barang apa yang dicuri. Nyuri apa, wong bukti tidak ada. Barangnya dibilang dijual di rombeng, ujarnya.

Setelah beristirahat sekitar 15 menit, Ishadi kembali melanjutkan patroli dengan berkeliling kompleks. Saat dia pergi, Elok masih dijemur. Setelah itu, dia tidak tahu lagi nasib pembantu tersebut.

Ishadi tidak hanya sekali menemukan kejanggalan perilaku Fairus terhadap pembantunya. Dia juga pernah melihat Elok menyiram bunga di pinggir jalan depan rumah pada pukul 03.00.

Menanggapi kesaksian kedua petugas satpam, Fairus menjelaskan bahwa Ishadi salah menyebut waktu Elok menyiram tanaman. Bukan pukul 03.00, melainkan pukul 03.30. Fairus mengaku kebiasaan itu dilakukan atas keinginan pembantunya, bukan perintahnya. Dia juga membantah telah menjemur pembantunya.

Artikel Asli