Proyek Jembatan Mandek, Dewan Turun ke Bima

lombokpost | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 15:08
Proyek Jembatan Mandek, Dewan Turun ke Bima

MATARAM- Pembangunan sejumlah jembatan di Bima mandek. Misalkan proyek jembatan Raba Salo, Kota Bima dan jembatan Kananta, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima.

Pengerjaan dua jembatan itu diduga mandek. Progres pembangunannya belum menggembirakan. Kami akan menjalankan fungsi pengawasan dengan turun ke lokasi. Kami jadwalkan akan turun ke Sumbawa. Kita juga akan ke Bima, kata Ketua Komisi IV DPRD NTB Achmad Puaddi, (15/9/2021).

Tidak hanya jembatan, dewan juga akan melihat progres pembangunan jalan di sejumlah titik. Hanya saja, politisi Partai Golkar ini belum mau membocorkan lokasi yang akan dikunjungi. Kita belum bisa tentukan ke mana dan jalan mana saja, jelas dia.

Anggota Komisi IV HA. Rahman H. Abidin mengatakan pihaknya akan mengecek pembangunan jembatan di Kota dan Kabupaten Bima. Salah satunya proyek jembatan Raba Salo. Itu (Jembatan Raba Salo) katanya mandek. Kami akan cek ke sana, kata dewan Dapil Bima-Dompu ini.

Mantan Wakil Wali Kota Bima ini ingin memastikan kendala pembangunan jembatan tersebut. Karena itu, pihaknya perlu turun langsung melihat kondisinya di lokasi. (Jembatan Kananta) juga akan kami cek, jelas politisi Partai Demokrat ini.

Setelah mengetahui kendalanya, dewan bisa mendorong eksekutif dan rekanan untuk mencari solusi. Kita harus tahu dulu apa masalahnya, apakah dianggarannya atau ada kendala lain. Makanya kami turun, tegas dia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) NTB Ridwan Syah belum bisa menyampaikan progres pembangunan dua jembatan tersebut. Saya cek dulu dan segera disampaikan ya, kata dia dihubungi via pesan singkat WhastApp.

Sementara, Eko Juliadi, Manager Lapangan PT Dunia Mas selaku rekanan pembangunan Jembatan Kananta membantah pengerjaan mandek. Ndak benar. Sekarang sedang dikerjakan, katanya dihubungi via ponsel.

PT Dunia Mas tiga hanya mengerjakan Jembatan Kananta. Tetapi pengerjaannya satu paket dengan Jembatan Sampungu dan Kiwu. Progres pengerjaan tiga jembatan sudah 30 persen, sebutnya.

Dia merincikan pembangunan Jembatan Kananta sudah selesai pemancangan tiang beton. Saat ini, kata Eko, pihaknya sedang dalam pemancangan tiang baja. Sejauh ini tidak ada kendala. Memang dulu ada perubahan desain, tapi itu tidak menjadi kendala, klaimnya.

Kalau sudah selesai pemancangan tiang baja, selanjutnya akan dikerjakan bangunan atas. Kita target struktur dan lantai jembatan akan selesai Desember ini. Itupun kalau cuacanya bagus. Untuk bahan dan tenaga sudah aman, sebutnya.

Sementara Jembatan Sampungu dan Kiwu, sambung Eko, pengerjaan pondasi sudah selesai. Sekarang sedang tahap pengecoran. Target kita bulan Oktober sudah selesai, tambah dia. (jlo/r8)

Artikel Asli