Pertama di Dunia, SpaceX Luncurkan Warga Sipil ke Luar Angkasa

limapagi.id | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 14:10
Pertama di Dunia, SpaceX Luncurkan Warga Sipil ke Luar Angkasa

LIMAPAGI - SpaceX, perusahaan roket yang didirikan Elon Musk baru-baru ini meluncurkan warga sipil ke luar angkasa. Ini merupakan pertama kalinya penerbangan dilakukan melibatkan warga sipil, menunjukkan harapan bahwa siapa pun bisa meluncur ke luar angkasa.

Penerbangan misi Inspiration4 ini dilakukan pada Rabu malam, meluncur pada pukul 8:02 p.m. dari NASA Kennedy Space Center di Florida. Keempat warga sipil itu meluncur menggunakan roket Falcon 9 Block 5 yang dapat digunakan kembali (reusable) serta mengandalkan Crew Dragon Resilience.

Meskipun pesawat luar angkasa Crew Dragon sebenarnya mampu membawa hingga tujuh orang, hanya empat orang yang naik ke luar angkasa dalam peluncuran kali ini. Oleh karena yang meluncur ialah warga sipil, ini menjadikan Inspiration4 sebagai penerbangan luar angkasa pertama yang tidak menyertakan astronot profesional.

Awak dalam misi Inspiration4 terdiri dari pendiri dan CEO Shift4 Payments Jared Isaacman, asisten dokter Hayley Arceneaux, insinyur data kedirgantaraan Chris Sembroski, dan geoscientist Dr. Sian Proctor.

Isaacman bertindak sebagai komandan misi, yang pada dasarnya menempatkan dia bertanggung jawab untuk memastikan tidak ada yang menekan tombol apa pun yang seharusnya tidak mereka tekan.

Ini bukan pertama kalinya warga sipil meluncur ke luar angkasa, tetapi ini adalah pertama kalinya mereka mencapai orbit dalam durasi yang cukup lama.

Seperti diketahui, peluncuran sebelumnya dilakukan oleh miliarder Virgin Group Sir Richard Branson dan miliarder Amazon Jeff Bezos. Akan tetapi, penerbangan luar angkasa Virgin Galactic dan Blue Origin berada di bawah orbit dan hanya mencapai tepi luar angkasa selama beberapa menit.

Kru Inspiration4 diperkirakan akan tetap berada di orbit pada ketinggian 360 mil selama tiga hari.

Artikel Asli