Vaksin Sudah 100 Persen, Surabaya Level 1

jawapos | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 15:03
Vaksin Sudah 100 Persen, Surabaya Level 1

JawaPos.com Berdasar asesmen situasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Kota Surabaya dinyatakan masuk level 1. Namun, dalam Inmendagri Nomor 42 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2, Covid-19 wilayah Jawa dan Bali, Kota Surabaya masih harus melakukan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan, Surabaya masuk level 1 berdasar 6 inidkator. Di antaranya adalah proses 3T atau tracing, testing dan treatment .

Dari hasil asesmen Surabaya sudah level 1 berdasar 6 indikator. Kita sudah memadai. Seperti 3T. Positivity rate yang harusnya di bawah 5 Surabaya sudah 0,4, ujar Eri pada Kamis (16/9).

Terkait dengan BOR atau bed occupancy rate yakni ketersediaan tempat tidur, Surabaya di angka 14 persen, sudah memenuhi standar kementerian kesehatan angka 60.

Tracing yang harusnya 1 banding 14, kita 1 banding 20. Angka kematian yang harusnya di bawah 1, kita 0,6 per 1000 penduduk per 1 minggu. Rawat inap di bawah 5, kita 3,6. Angka konfirmasi di bawah 20, kita 8, papar Eri.

Eri mengakui, hari ini (16/9), Surabaya masih masuk level 3 menurut Inmendagri. Namun, dia memastikan aturan Kemendagri terkait kemampuan vaksinasi akan ditambah ke aturan inmendagri.

Jadi untuk mencapai level 2, vaksinasi minimal 50 persen. Level 1 minimal 60 persen. Kami koordinasikan dengan Gresik dan Sidoarjo karena kita aglomerasi. Kita bantu dengan nakes dan vaksin yang ditambah dari menteri kesehatan, kata Eri.

Eri akan menyiapkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator untuk membantu daerah sekitar. Kebersamaan ini nggak bisa dipisahkan Surabaya Raya ini bisa level 2 atau 1, ucap Eri.

Bila vaksinasi dimasifkan di Gresik dan Sidoarjo, otomatis Surabaya bisa level 2 menurut Inmendagri. Fokus mantan kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) kali ini adalah percepatan vaksinasi di Surabaya Raya.

Kalau insya Allah kita (Surabaya Raya) 70 persen kita level 1. Saya bilang bupati butuh berapa untuk bisa sampai 60 persen. Vaksinnya butuh berapa dosis? Ada berapa? Untuk mencapai itu mampu gak ? Kalau kurang nakes, Surabaya kirim, ucap Eri.

Saat ini, pencapaian vaksin Covid-19 di Kota Surabaya sudah untuk dosis 1 sudah di angka 100 persen. Untuk dosis 2, sebanyak 65 persen.

Bisa bantu lah. Ketergantungan aglomerasi. Harus saling bantu. Jangan mementingkan diri sendiri. Ini demi umat, terang Eri.

Ditanya apakah BOR menghambat Surabaya turun level dalam Inmendagri, Eri mengaku ada keterlambatan update data. Rumah sakit sempat terlambat mengunggah data.

Sempat nggak updated oleh RS. Kami ke lapangan. Ternyata turun drastis, kata Eri.

Eri meminta warga untuk tidak terlalu euforia. Protokol kesehatan harus tetap dijaga. Ada warga yang sudah level 1 dan 2 terus naik lagi jadi level 3. Surabaya jangan begitu. Jangan sampai warga rugi, tutur Eri.

Artikel Asli