Alasan Time Masukan Baradar Jadi Tokoh Berpengaruh Dunia

republika | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 14:47
Alasan Time Masukan Baradar Jadi Tokoh Berpengaruh Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Majalah Time memasukkan salah satu pendiri Taliban, Abdul Ghani Baradar, dalam daftar 100 orang paling berpengaruh pada 2021. Tokoh yang kini menjabat sebagai wakil perdana menteri di Afghanistan itu berada di bawah kategori pemimpin.

Time menggambarkan Baradar sebagai pemimpin militer karismatik dan sosok yang sangat alim. Menurut Time, Baradar berdiri sebagai tumpuan bagi masa depan Afghanistan.

Baradar mewakili arus yang lebih moderat di dalam Taliban, yang akan menjadi pusat perhatian untuk memenangkan dukungan Barat dan sangat membutuhkan bantuan keuangan. Pertanyaannya adalah apakah orang yang membujuk Amerika keluar dari Afghanistan dapat mempengaruhi gerakannya sendiri, kata Time dalam laporannya, Rabu (15/9).

Taliban mengumumkan struktur pemerintahan barunya untuk Afghanistan pada 7 September lalu. Terdapat 33 anggota kabinet. Baradar mengisi posisi sebagai wakil perdana menteri. Saat ini beredar rumor bahwa terdapat friksi di internal Taliban mengenai susunan pemerintahan.

Pendukung Baradar dikabarkan berseteru dengan simpatisan Sirajuddin Haqqani, yakni pendiri jaringan Haqqani yang berbasis di perbatasan Afghanistan-Pakistan. Haqqani masuk dalam struktur pemerintahan baru Taliban. Dia mengisi posisi sebagai menteri dalam negeri.



Artikel Asli