Xi Jinping Dibela, Ancaman Kudeta Internal Disebut Tak Masuk Akal

jawapos | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 14:11
Xi Jinping Dibela, Ancaman Kudeta Internal Disebut Tak Masuk Akal

JawaPos.com Pengamat dan mantan diplomat menyebut pemimpin Tiongkok Xi Jinping akan digulingkan atau dikudeta oleh saingan internalnya. Hal itu karena para pesaing di dalam kabinet muak dengan rezim totaliter negara itu. Bahkan kudeta disebutnya bisa saja terjadi dalam 18 bulan ke depan.

Penulis China Coup: The Great Leap to Freedom Roger Garside percaya bahwa Xi Jinping akan diusir oleh lawan internal di Partai Komunis Tiongkok. Mantan diplomat itu mengklaim kediktatoran totaliter Tiongkok secara lahiriah kuat, tetapi secara batiniah lemah. Menurutnya AS perlu menekan negara itu untuk membantu komplotan pro-demokrasi di dalam pemerintahan. Dia yakin ancaman utama bagi Xi akan datang dari dalam jajaran teratas Partai Komunis .

AS dan sekutunya harus mengadopsi strategi yang lebih agresif terhadap Tiongkok, tambah penulis.

Garside telah menyarankan bahwa liberalisasi akan dilaksanakan dari atas ke bawah. Ia mengklaim kudeta dapat dilakukan dalam 18 bulan ke depan atau lebih oleh para pemimpin Tiongkok seperti Perdana Menteri Li Keqiang.

Xi Jinping Dibela

Akan tetapi penulis lain, James Mann yang telah menulis tiga buku tentang AS dan Tiongkok berpendapat bahwa gagasan kudeta semacam itu tidak masuk akal. Menulis di Washington Post, dia mengungkapkan pendapatnya.

Sebagai permulaan, tidak ada indikasi sedikit pun bahwa para pejabat Tiongkok memiliki keinginan atau kemampuan untuk melakukan kudeta. Tidak masuk akal, kata James.

Jadi, dalam arti tertentu, skenario kudeta meremehkan kemampuan aparat keamanan Tiongkok yang meluas, tambahnya.

Hanya saja, pada 2017, seorang pejabat tinggi Tiongkok mengklaim beberapa anggota penting Partai Komunis berencana untuk merebut kekuasaan dari Xi. Ini mengarah pada tindakan keras korupsi yang berunjung pada penangkapan tiga anggota partai.

Artikel Asli