Biografi Singkat Maskoen Soemadiredja, Tokoh Pejuang Pergerakan Politik

limapagi.id | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 13:20
Biografi Singkat Maskoen Soemadiredja, Tokoh Pejuang Pergerakan Politik

LIMAPAGI - Biografi singkat Maskoen Soemadiredja, beliau merupakan seorang politisi yang berasal dari Jawa Barat.

Maskoen Soemadiredja lahir di Bandung pada 25 Mei 1907. Ia merupakan putra dari pasangan Raden Umar Soemadiredja dan Nyi Raden Umi.

Berikut ini tim Limapagi akan membahas tentang sejarah serta biografi Maskoen Soemadiredja, tokoh pejuang pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Biografi Singkat Maskoen Soemadiredja

(tokoh) Maskoen Soemadiredja

Maskoen Soemadiredja sudah aktif dalam dunia politik sejak tahun 1927. Tujuannya yaitu untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Ia juga merupakan salah satu anggota dari organisasi Partai Nasional Indonesia (PNI) yang dipimpin oleh Ir. Soekarno.

Saat itu, ia diberi amanat untuk memegang jabatan sebagai komisaris sekaligus sekretaris II PNI pada cabang Bandung.

Prinsip-prinsip nasionalisme yang ia sebarkan kepada masyarakat, membuat semangat masyarakat Indonesia melonjak untuk membuat Indonesia merdeka.

Biodata Maskoen Soemadiredja

Nama Maskoen Soemadiredja
Panggilan - Tempat dan Tanggal Lahir Bandung, 25 Mei 1907 Wafat 4 Januari 1986 Agama - Orang Tua - Pasangan Nyi R. Djuhaeni Anak - Gelar Pahlawan Nasional

Perjuangan Maskoen Soemadiredja

Prinsip nasionalisme yang disebarkan oleh Maskoen Soemadiredja, membuat dirinya diawasi Belanda. Pada tahun 1929, bahkan ia pernah di penjara oleh kolonial Belanda.

Meskipun sudah beberapa kali tertangkap dan di penjara oleh kolonial Belanda, tidak membuat semangat Maskoen redup.

Pada akhirnya, ia diasingkan di sebuah tempat pembuangan bersama dengan pejuang Indonesia yang lainnya, yaitu Soekarno.

Kemudian datang Jepang ke Indonesia. Setelah Jepang berhasil menduduki Indonesia dan merebut kekuasaan dari Belanda, ia dipindahkan ke Australia.

Perjalanan Karier Maskoen Soemadiredja

Selama di Australia, Maskoen tetap melakukan aksi untuk membela pejuang Indonesia lewat Organisasi Serikat Indonesia Baru.

Organisasi tersebut bertujuan untuk mengumpulkan rakyat Indonesia dan memberikan semangat-semangat perjuangan.

Pada bulan Oktober 1955, Maskoen mendirikan Persatuan Perintis Kemerdekaan Bekas Boven Digul (PPKBD) bersama dengan kerabatnya, seorang mantan Digulis.

Setelah itu namanya berubah menjadi Persatuan Perintis Kemerdekaan Indonesia dan Maskoen Soemadiredja diangkat menjadi Ketua Umum.

Akhir Hayat Maskoen Soemadiredja

Pada 4 Januari 1986, Maskoen Soemadiredja jatuh sakit dan juga menghembuskan nafas terakhirnya. Kemudian jenazahnya dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata.

Sebagai bentuk penghargaan, Maskoen Soemadiredja dianugerahi gelar sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keppres No. 089/TK/2004. tanggal 5 November 2004.

Bentuk penghargaan lainnya yang diberikan oleh pemerintah Indonesia yaitu berupa, Setya Lencana Perintis Kemerdekaan , Setya Lencana Perjuangan Kemerdekaan dan Bintang Mahaputra Utama .

Artikel Asli