Jokowi: Kita Ingin Anak-anak, Santri tak Terpapar Covid-19

republika | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 14:00
Jokowi: Kita Ingin Anak-anak, Santri tak Terpapar Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi pondok pesantren yang telah mendukung percepatan program vaksinasi kepada para santrinya sehingga dapat terlindungi dari virus corona . Hal ini disampaikannya saat meninjau vaksinasi di Pondok Pesantren/Dayah Istiqamatuddin Darul MuArrif, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (16/9).

"Saya sangat menghargai sekali mengapresiasi semua yang mendukung semua pondok-pondok pesantren yang mendukung santri-santrinya untuk divaksin karena kita ingin anak-anak kita, para santri kita semuanya tidak terpapar oleh Covid-19," ujar Jokowi.

Selain Kabupaten Aceh Besar, enam pondok pesantren di kabupaten kota di Indonesia juga secara bersamaan melakukan kegiatan vaksinasi. Enam pondok pesantren tersebut antara lain Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar di Kota Pekanbaru, Pondok Pesantren Al-Fathamiyah di Kabupaten Karawang, Pondok Pesantren Darussalam di Kabupaten Banyumas, Pondok Modern Al-Rifaie 2 di Kabupaten Malang, Pondok Pesantren Asy-Syuhada Pelaihari di Kabupaten Tanah Laut, dan Pondok Pesantren DDI Mattoanging di Kabupaten Bantaeng.

Dalam dialog bersama para santri melalui konferensi video, Jokowi mengaku senang atas semangat para santri untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Ia berharap, melalui vaksinasi ini para santri lebih terlindungi dan secepatnya dapat mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM).

Pak Kiai saya senang sekali alhamdulillah ini para santri kelihatan sekali bersemangat dan sangat sehat-sehat semuanya, sehingga kita harapkan dengan proses vaksinasi ini para santri menjadi lebih sehat lagi dan terproteksi dari Covid-19, ujarnya.

Pimpinan Pondok Pesantren DDI Mattoanging, Kabupaten Bantaeng, Abdul Haris Nurdin pun menyampaikan terima kasih kepada Presiden dalam pelaksanaan vaksinasi massal ini. Kami ingin mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Presiden atas terlaksananya vaksinasi massal untuk santri demi menggapai Indonesia sehat, Indonesia hebat, kata dia.

Pimpinan Pondok Pesantren Asy-Syuhada Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Ahmad Syakhifuddin juga menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan vaksinasi ini. Selain itu, ia juga mengapresiasi diterbitkannya Perpres Pendanaan Pondok Pesantren.

"Kami mengucapkan terimakasih yang telah menandatangani perpres tentang pendanaan ponpes. Dengan itu kami sangat terbantu sehingga pemerintah bisa membantu dengan sebaik-baiknya. Dan kami juga mohon bantuan untuk pembangunan rusunawa di ponpes kita ini sehingga pondok kita ini menjadi pondok yang baik sehat dan layak huni," ujarnya.

Artikel Asli