Corona Belum Hilang, Masyarakat Diminta Tetap Jaga Prokes

rm.id | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 13:38
Corona Belum Hilang, Masyarakat Diminta Tetap Jaga Prokes

Pandemi Covid-19 masih mendera kehidupan masyarakat dunia dan juga Indonesia. Upaya penyembuhan, penanganan penularan dan juga dampak ekonomi sosial terus dilakukan semua pihak dengan berkolaborasi.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat bincang-bincang virtual yang dipandu oleh Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo di Instagram Live Cerita Kita: Vaccine & Herd Immunity pada akun mncpeduli.id, beberapa waktu lalu. Hadir pula inisiator Gerakan Indonesia Sadar Prokes (INSAP) Dian Sharief.

Kita mesti hidup bersama virus atau bakteri ini. Dan bagaimana caranya hidup ya, dengan protokol kesehatan, testing tracing yang baik, dan vaksinasi, ujarnya dikutip dari keterangan tertulis MNC Peduli, Kamis (16/9).

Lebih lanjut, dia juga mengingatkan pandemi-pandemi sebelumnya ada yang selesai lima tahun, puluhan tahun, hingga ratusan tahun, hingga yang sampai sekarang belum hilang. Untuk itu, kita perlu belajar dari pandemi lain sebelumnya yang sudah ada di dunia, seperti Black Death, Spanish Flu, serta cacar.

"Kemudian ada Asian Flu dan segala macam, pandemi-pandemi tidak selesai cepat, kata Menkes

Berkaca dari kasus pandemi sebelumnya, saat ini pihaknya fokus untuk meratakan kurva atau flattening the curve. Targetnya cuma satu, yaitu pastikan laju penularannya tidak pernah membuat orang yang harus dirawat itu di atas kapasitas rumah sakit, tegas Menkes.

Senada, inisiator Gerakan Indonesia Sadar Prokes (INSAP), Dian Sharief menekankan, pentingnya terbentuknya herd immunity, menjaga protokol kesehatan dan vaksinasi. "Harus tiga-tiganya, ini memang three in one yang harus dijalani oleh semuanya," ujarnya.

Dian juga mengajak untuk membangun kesadaran bersama karena merupakan suatu ikhtiar yang harus dilakukan terus menerus.

Pada kesempatan itu, Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengajak untuk bahu membahu menangani pandemi ini.

Kita memiliki tugas dan tanggung jawab bersama untuk menjalankan prokes dan menyukseskan vaksinasi dengan semangat gotong royong yang sudah mendarah daging dalam diri kita sebagai warga negara Indonesia," pungkasnya. [ DIT ]

Artikel Asli