Wapres Ma`ruf Amin: DKI Jakarta Sebenarnya Bisa PPKM Level 2

inewsid | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 13:26
Wapres Ma`ruf Amin: DKI Jakarta Sebenarnya Bisa PPKM Level 2

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan sebenarnya status pembatasan di DKI Jakarta bisa turun ke PPKM Level 2 bahkan Level 1. Penyebabnya yaitu tingkat vaksinasi Covid-19 yang tinggi.

Ma'ruf pun mengingatkan DKI Jakarta termasuk ke dalam bagian wilayah aglomerasi yang sering disebut Jabodetabek. Menurutnya daerah dengan capaian vaksinasi Covid-19 terendah menjadi dasar penentukan untuk menetapkan status PPKM di wilayah aglomerasi.

Kalau level Jakartanya itu sudah bisa ke level 2 bahkan 1. Tapi ketentuan kita dari level 3 ke 2 itu harus tervaksin 50 persen. Dari 2 ke 1 itu harus sudah divaksin 70 persen. Jakarta sudah di atas tapi belum diturunkan, masih level 3 ya, karena sekitarnya belum. oleh karena itu sekarang percepatan menuju kepada percepatan di sekitar daerah aglomerasi. Sebentar lagi saya kira ya, kata Wapres dalam kunjungan kerja ke Banten, Kamis (16/9/2021).

Ma'ruf Amin mengakui capaian vaksinasi di wilayah aglomerasi memang belum merata. Namun sebenarnya daerah-daerah pusat aglomerasi capaian vaksinasinya sudah tinggi.

Untuk daerah pusatnya seperti Jakarta, Bandung Raya, Solo Raya, Semarang Raya, dan Malang Raya untuk daerah pusat aglomerasinya itu sebenarnya sudah terpenuhi, sudah tercapai, katanya.

Dia mengatakan saat ini pemerintah akan fokus untuk menggenjot vaksinasi di daerah sekitar pusat aglomerasi. Dengan begitu level PPKM seluruh daerah aglomerasi dapat diturunkan.

Jakarta bahkan lebih dari 100 persem karena tidak hanya penduduk yang ber-KTP Jakarta. Tapi yang bekerja, yang belajar di Jakarta juga divaksin. Tapi memang daerah-daerah sekitarnya, kalau Jakarta itu Tangerang Raya, Bekasi. Bodebek namanya Bogor Depok Bekasi itu masih rendah, tuturnya.

Artikel Asli