Hanya 12 Hari, Polisi Ringkus 89 Tersangka Kasus Narkoba

jawapos | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 13:07
Hanya 12 Hari, Polisi Ringkus 89 Tersangka Kasus Narkoba

JawaPos.com- Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2021 yang digelar mulai 1 sampai 12 September 2021, berhasil mengungkap 79 kasus. Baik oleh Polresta Sidoarjo maupun polsek jajaran. Dari jumlah kasus itu, ada sebanyak 89 tersangka yang telah diringkus. Perinciannya, 88 laki-laki dan 1 perempuan.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro menyebutkan, barang bukti narkoba yang diamankan, antara lain, 40,39 gram ganja, 195,71 gram sabu-sabu, 105.478 butir pil dobel L, 39 handphone yang digunakan untuk transaksi, dan 1 sepeda motor. Para tersangka ini, ada yang residivis, ada yang pemain baru, tapi sebagian besar orang baru, ujarnya.

Kusumo menyebutkan, rata-rata yang ditangkap adalah para pengedar. Sasarannya beragam. Mulai remaja hingga dewasa. Untuk yang pil LL, satu wadah dijual Rp 1 juta isi 1.000 butir, lalu juga dijual ecer Rp 6 ribu isi tiga butir, kata Kusumo. Biasanya, pembeli pil LL didominasi remaja karena harganya murah.

Dari keseluruhan tangkapan tersebut, Kusumo menyebutkan bahwa paling banyak tersangka diringkus di Kecamatan Porong dan Kecamatan Tarik. Di Porong ada enam kasus dan di Tarik ada delapan kasus, kata mantan Wakapolres Banyuwangi itu. Kasus lainnya tersebar di seluruh Sidoarjo.

Rata-rata barang bukti yang diamankan tidak terlalu besar. Paling besar adalah barang bukti yang diamankan dari satu tersangka, yakni berupa 20 gram sabu-sabu. Kami akan terus kembangkan lagi untuk mencari pengedar lainnya, kata Kusumo. Terutama pengedar-pengedar besar. Dia berkomitmen semua penyalahgunaan narkoba akan ditindak tegas.

Artikel Asli