Api Puntung Rokok Diduga Hanguskan Gudang Tebu di Kudus

limapagi.id | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 12:10
Api Puntung Rokok Diduga Hanguskan Gudang Tebu di Kudus

LIMAPAGI - Gudang tebu milik Gawik, warga Desa Piji, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengaah, ludes terbakar. Sumber api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Budi Waluyo mengatakan kobaran api diketahui warga dini hari tadi, sekitar pukul 01.00 WIB. "Sekitar pukul 01.00 WIB, ada warga sekitar situ yang melihat kobaran api dari gudang tebu Pak Gawik. Lalu warga lapor ke Kepala Desa," kata Budi, Kamis, 16 September 2021.

Secara gotong royong, warga sempat melakukan pemadaman api dengan peralatan seadanya. Hanya saja, angin kencang yang berhembus semalam membuat kobaran api dengan cepat membesar.

Gudang semi permanen yang berisikan material mudah terbakar itu dengan cepat dihanguskan si jago merah. Tiga unit tim pemadam kebakaran diterjunkan untuk menjinakkan api, dari BPBD Kabupaten Kudus, PT Djarum dan PR Sukun.

Butuh waktu sekitar empat jam bagi petugas pemadam kebakaran untuk menjinakkan api. Proses pendinginan bangunan selesai dilakukan sekitar pukul 04.00 WIB. "Setelah empat jam, api bisa kita lokalisir. Sehingga tidak merambat ke bangunan penduduk di sekitarnya," ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Hanya saja, masih kata Budi, bangunan gudang tebu beserta isinya tidak dapat terselamatkan. "Gudang tebu ludes terbakar," tandasnya.

Terkait taksiran kerugian, Budi memperkirakan pemilik gudang merugi hinggan Rp40 juta. Untuk penyebabnya, Budi menduga kebakaran tersebut berasal dari puntung rokok yang dibuang secara sembarangan.

Artikel Asli