Biografi Singkat Kyai Haji Noer Alie, Tokoh Ulama Jawa Barat Indonesia

limapagi.id | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 12:20
Biografi Singkat Kyai Haji Noer Alie, Tokoh Ulama Jawa Barat Indonesia

LIMAPAGI - Biografi singkat Kyai Haji Noer Alie, seorang tokoh agama asal Jawa Barat, Indonesia. Beliau memiliki wawasan yang luas tentang pengetahuan Islam.

Kyai Haji Noer Alie atau Noer Alie lahir di Bekasi pada tahun 15 Juli 1914. Beliau adalah seorang guru di beberapa pesantren, sekaligus pernah menjadi Ketua Persatuan Muslimin Jakarta.

Berikut ini tim Limapagi akan membahas tentang sejarah serta biografi Kyai Haji Noer Alie, seorang Pahlawan Nasional yang berjuang dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Biografi Singkat Kyai Haji Noer Alie

(wikipedia) Kyai Haji Noer Alie

Kyai Haji Noer Alie merupakan putra dari pasangan Anwar bin Layu dan Maimunah bin Tarbin. Beliau merupakan anak ke-4 dari sepuluh bersaudara.

Sebagai seorang ulama, Noer Alie sudah menekuni ilmu Islam sejak kecil dengan tekun. Seperti mengenal dan membaca huruf arab, serta menghafal surat-surat pendek Al-Qur'an.

Ketika dewasa, Noer Alie juga banyak belajar dari beberapa Syekh serta para tokoh-tokoh agama. Bahkan, hingga Jepang menduduki Indonesia, tekad kuatnya tersebut tidak berubah.

Biodata Kyai Haji Noer Alie

Nama Noer Alie
Panggilan Kyai Haji Noer Alie Tempat dan Tanggal Lahir Bekasi, Jawa Barat, 15 Juli 1914 Wafat Bekasi, Jawa Barat, 29 Januari 2006 Agama Islam Orang Tua Ayah: Anwar bin Layu

Ibu: Maimunah bin Tarbin
Pasangan - Anak - Gelar Pahlawan Nasional/Tokoh Agama Indonesia

Kehidupan Masa Kecil Noer Alie

Sejak kecil, beliau sudah rajin menimba ilmu tentang Islam, dengan mengaji dengan beberapa guru agama. Bahkan, Noer Alie tidak merasa kesulitan saat belajar tentang Islam.

Noer Alie terbilang anak yang cerdas dan cepat dalam mencerna pelajaran. Bukan hanya pelajaran tentang agama, di pelajaran yang lainnya juga ia sangat pandai.

Bakat Noer Alie sudah terlihat sejak kecil, pastinya tidak lepas juga dari bimbingan orang tuanya. Sifatnya sebagai pemimpin juga terlihat ketika saat ia bermain dan selalu ingin terlihat di depan sebagai pemimpin.

Perjalanan Karier serta Perjuangan Noer Alie

Pada tahun 1934, Noer Alie pergi ke Mekah untuk memperdalam ilmu tentang Islamnya. Selama berada di sana, ia banyak belajar dari beberapa Syekh dan tokoh-tokoh agama lainnya.

Bahkan ia pernah membuat sebuah organisasi bersama dengan rekannya dari Indonesia saat berada di Mekah, yaitu Persatuan Pelajar Betawi (PPB).

Saat di Indonesia, tepatnya tahun 1942 pada saat Jepang menduduki Indonesia, Noer Alie harus bekerja dengan Jepang.

Namun Noer Alie menolaknya, namun ia juga tidak berdiam diri saja. Karena Noer Alie tidak ingin para santrinya nanti akan terpecah karena enggan bekerja sama dengan Jepang.

Saat itu Noer Alie mempersiapkan para santrinya untuk masuk ke dalam pelatihan militer milik Jepang.

Akhir Hayat Kyai Haji Noer Alie

Kyai Haji Noer Alie wafat pada 29 Januari tahun 1992 di Bekasi, Jawa Barat. Sebagai bentuk penghormatan atas jasanya, pemerintah Indonesia menganugerahi Noer Alie sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keppres No. 085/TK/2006, tanggal 3 November 2006.

Itulah biografi singkat Kyai Haji Noer Alie, seorang tokoh agama sekaligus ulama yang bisa menjadi motivasi masyarakat Indonesia.

Artikel Asli