Kota Solok Projeck Percontohan Penerapan SIAK

minangkabaunews.com | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 12:54
Kota Solok Projeck Percontohan Penerapan SIAK

MINANGKABAUNEWS, SOLOK Pemerintah Daerah Kota Solok menjadi salah satu percontohan pilot projeck nasional dalam penerapan SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) secara terpusat dan pengalihan sistem SIAK menjadi SIAK terpusat bersama 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Sistem Informasi Administrasi Kependudukan adalah suatu sistem informasi yang ditumbuh-kembangkan berdasarkan prosedur pelayanan administrasi kependudukan dengan menerapkan sistem teknologi informasi dan komunikasi guna menata sistem administrasi kependudukan di Indonesia.

Plt. Kepala Dinas Dukcapil, Kamis (16/9/2021) ditemui MinangkabauNews.com di Balaikota Solok mengatakan dengan diterapkannya SIAK secara terpusat maka database kependudukannya ada di Server Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Dengan diterapkan SIAK terpusat, maka database kependudukan menjadi satu database seperti tertuang dalam Perpres Nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia. Sehingga data semakin valid, aman, dan Dukcapil menjadi walidata karena NIK menjadi kunci akses seluruh pelayanan publik, Kata Bitel.

Lebih lanjut Bitel menyebutkan hari ini Dukcapil Kota Solok sudah bisa melaksanakan implementasi SIAK secara terpusat. Proses instalasi dan konfigurasi SIAK terpusat sudah dilaksanakan sejak 12 September lalu. Sehingga pelayanan sempat tertunda karena tidak ada proses input dan cetak dokumen kependudukan dikarenakan adanya pengalihan tersebut, namun hari ini sudah dapat beroperasi seperti biasa.

Dengan SIAK terpusat dapat memantau semua aktivitas data oleh pusat, provinsi, kabupaten/kota. Penerbitan NIK langsung terintegrasi real time, sehingga meminimalkan kemungkinan biodata ganda, sebutnya.

Artikel Asli