Ini Manfaat Aplikasi Kupang Lontong, Aco Eri, dan Sidak Pasukan

jawapos | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 12:46
Ini Manfaat Aplikasi Kupang Lontong, Aco Eri, dan Sidak Pasukan

JawaPos.com- Tiga aplikasi untuk terobosan baru di urusan administrasi kependudukan (adminduk) diluncurkan bersamaan kemarin (15/9). Yakni, Kupang Lontong, Aco Eri, serta Sidak Pasukan. Inovasi itu kerja sama Pemkot Surabaya dengan Pengadilan Agama (PA) serta Kementerian Agama (Kemenag).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan, aplikasi Kupang Lontong berfungsi mempercepat pelayanan warga yang mengajukan isbat nikah. Cukup ajukan ke aplikasi. Kami tetapkan jadwal sidang, langsung dapat produk sidang seperti buku nikah, kata dia.

Aplikasi Aco Eri merupakan sistem pendaftaran perkara e-court terintegrasi. Aplikasi itu berguna untuk memudahkan pelayanan warga yang mengajukan pelayanan di pengadilan agama. Aplikasi Sidak Pasukan digunakan dispendukcapil, pengadilan agama, serta Kemenag sebagai evaluasi. Ketika ada permohonan, produk persidangan langsung disiapkan, jelasnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya Agus Imam Sonhaji mengatakan, tiga aplikasi itu dirancang untuk membantu warga. Dia mencontohkan ketika ada warga yang mengajukan isbat nikah. Mereka tidak lagi menunggu lama. Ada kepastian. Sidang juga dilakukan di kecamatan, jelas Agus.

Selain itu, dispendukcapil mendapatkan bantuan sepuluh printer e-KTP baru sumbangan dari dua instansi. Yakni, delapan unit dari PT Jasuindo Informatika Pratama dan dua unit lainnya pemberian PT Wings Surya. Mesin cetak bernilai ratusan juta rupiah yang dilengkapi dengan kamera dan lensa khusus itu diserahkan Selasa (14/9).

Agus mengungkapkan, dalam sehari rata-rata bisa sampai seribu keping e-KTP yang dicetak. Nah, kemampuan sepuluh alat itu satu hari bisa 1.500 sampai 2.000 keping. Alat tersebut juga digunakan untuk mencetak kartu identitas anak (KIA) dengan target 300400 keping sehari.

Artikel Asli