Singapura Darurat Covid-19, Warga Panik Naik Kereta Pakai Respirator

jawapos | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 11:45
Singapura Darurat Covid-19, Warga Panik Naik Kereta Pakai Respirator

JawaPos.com Singapura sedang menghadapi krisis Covid-19 kembali. Itu ditandai dengan jumlah kasus dan pasien Covid-19 di ICU melonjak. Hal itu memicu kekhawatiran berlebihan bagi sebagian warga.

Pada Rabu (15/9), foto seorang pria mendadak viral karena mengenakan respirator pemurni udara bertenaga. Fotonya menyebar di media sosial.

Dia terlihat menunggu kereta di stasiun MRT Serangoon. Ia tampaknya akan berangkat kerja. Tergelitik oleh pilihan alat pelindungnya, beberapa netizen mengatakan respirator mengingatkan mereka pada hal-hal seperti karakter di film Among Us.

Ada pula yang memuji dia karena mengambil inisiatif dalam melindungi dirinya dari virus Korona. Kelihatannya aneh. Tapi, itu bukan pertama kalinya respirator dikenakan di depan umum.

Pada Mei lalu, ketika Singapura berada dalam Peringatan Tahap 2, pengguna Facebook MD Shariff Abdullah berbagi foto seorang perempuan yang mengenakan peralatan serupa saat memesan makanan di Tekka Food Centre.
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, respirator pemurni udara bertenaga melindungi pemakainya dari gas, uap atau partikel dengan menggunakan peniup untuk memaksa udara melalui kartrid filter atau tabung dan masuk ke zona pernapasan.

Mereka lebih umum digunakan oleh profesional kesehatan karena nakes terkena risiko patogen aerosol yang lebih besar yang menyebabkan infeksi pernapasan akut. Padahal rekomendasi yang berlaku oleh Kementerian Kesehatan Singapura adalah masyarakat cukup memakai masker dengan kemampuan filtrasi yang lebih baik seperti masker bedah atau masker dengan sisipan filtrasi.

Artikel Asli