Khofifah Lantik 16 Pejabat, Tugas Awal Fokus Pemulihan Ekonomi

jawapos | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 11:48
Khofifah Lantik 16 Pejabat, Tugas Awal Fokus Pemulihan Ekonomi

JawaPos.com Setelah cukup lama lowong, 16 jabatan eselon II di lingkungan Pemprov Jatim akhirnya terisi. Gubernur Khofifah Indar Parawansa telah menetapkan para pejabat terpilih yang sebelumnya lolos dalam seleksi umum jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama.

Kemarin, berdasar SK Gubernur bernomor 821.2/4297/204/2021 dan 821.2/3583/204/ 2021 tentang Pengangkatan dalam Jabatan, Pejabat Tinggi Pratama (Eselon II), mereka resmi dilantik dalam sebuah prosesi yang berlangsung di Gedung Negara Grahadi. Setelah melantik para pejabat terpilih tersebut, Khofifah langsung memberikan sejumlah PR prioritas. Salah satunya adalah fokus ikut menggarap pemulihan ekonomi Jatim setelah hantaman pandemi.

Selain itu, Khofifah meminta pejabat terpilih mampu beradaptasi. Dia menyebut ekosistem, regulasi, dan dinamika terus mengalami perubahan. Adaptasi menjadi tuntutan. Pejabat tinggi pratama dituntut mampu berinovasi pada program di lingkungan OPD masing-masing, katanya.

Untuk diketahui, 16 pejabat terpilih itu sebelumnya lolos dalam seleksi umum JPT pratama. Dalam tahapan tersebut, tim seleksi meloloskan 2 hingga 3 nama di masing-masing jabatan. Nama-nama tersebut lantas dipilih satu oleh gubernur menjadi pejabat terpilih.

Penunjukan pejabat itu tidak hanya berdasar ranking yang diraih pada hasil asesmen. Sebab, ada cukup banyak pertimbangan yang jadi acuan gubernur sebelum memilih satu nama.

Namun, dari seluruh nama-nama yang terpilih, sebagian besar adalah pejabat yang sebelumnya memiliki latar belakang sesuai bidangnya. Misalnya, Kepala Dinas PU Sumber Daya Air M. Isa Anshori yang sebelumnya menjabat salah satu kepala bidang pada dinas tersebut. Atau, Kepala PU Bina Marga Edy Tambeng Wijaya yang sebelumnya juga berdinas di instansi tersebut. Demikian pula Kepala Dinas Peternakan Indah Aryani. Sebelumnya, dia menjabat kepala UPT pembibitan ternak di Tuban.

Hal itu juga terlihat di level kepala biro. Misalnya, kepala biro administrasi pimpinan ditempati Moh. Ali Kuncoro. Sebelumnya, dia menjabat Kabag rumah tangga. Juga lama bertugas sebagai protokol di pemprov. Namun, ada juga sejumlah pejabat terpilih yang sebelumnya bertugas di dinas lain di lingkungan pemprov.

Sementara itu, prosesi pelantikan kemarin dihadiri sejumlah pejabat. Di antaranya, Wakil Gubernur (Wagub) Emil Elestianto Dardak, Ketua Komisi A DPRD Jatim Mayjen TNI (purn) Istu Hari Subagyo, Plh Sekdaprov Heru Tjahjono, Kepala Kanreg II BKN Surabaya Heru Purwaka, serta beberapa pejabat lainnya.

Selain melantik 16 pejabat terpilih, Khofifah melantik kepala pelaksana BPBD Jatim yang dijabat Budi Santoso. Sebab, dia absen saat pelantikan sebelumnya.

16 PEJABAT TERPILIH HASIL SELEKSI JPT PRATAMA DI LINGKUNGAN PEMPROV

Kepala dinas kesehatan : Dr Erwin Astha Triyono

Kepala dinas peternakan : Indyah Aryani

Kepala dinas PU bina marga : Edy Tambeng Widjaja

Kepala dinas PU sumber daya air : Dr M. Isa Anshori

Kepala bakesbangpol : R Heru Wahono Santoso

Kepala Bakorwil Jember : Imam Hidayat

Kepala Bakorwil Madiun : Eddy Supriyanto

Kepala Bakorwil Malang : Budi Sarwoto

Kabiro administrasi pembangunan : Sigit Panoentoen

Kabiro administrasi pimpinan : Moh. Ali Kuncoro

Kabiro organisasi : Ramliyanto

Kabiro pengadaan barang dan jasa : Endy Alim Abdi Nusa

Kabiro perekonomian : Iwan

Wadir Pelayanan Penunjang RSUD dr Saiful Anwar : dr Widodo Budi Prasetyo

Wadir Penunjang, Pendidikan, dan Penelitian RSUD dr Soedono : dr Abdul Rohim

Direktur RSUD Karsa Husada Batu : dr Muhamad Rizal

Artikel Asli