6.253 Sequencing Diperiksa Deteksi Varian Mu, Hasilnya?

republika | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 10:22
6.253 Sequencing Diperiksa Deteksi Varian Mu, Hasilnya?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memeriksa 6.253 whole genome sequencing (WGS) untuk deteksi varian baru Covid-19 hingga Kamis (16/9) pagi. Hasilnya, mutasi virus Mu belum ditemukan berada di Tanah Air.

"Sebanyak 6.253 sequencing diperiksa. Varian Mu belum masuk dan sampai ini belum ada," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi Republika.co.id , Kamis (16/9).

Kemenkes telah menerapkan beberapa kebijakan untuk mencegah mutasi virus ini tidak memasuki Indonesia. Di antaranya pengetatan dilakukan di semua pintu masuk negara, baik bandara, pelabuhan, dan perbatasan lintas batas negara.

Kemudian, pemerintah juga telah menetapkan pintu masukdari luar negeri hanya lewat Bandara Soekarno-Hatta dan bandara yang ada di Manado, Sulawesi Utara, yaitu Sam Ratulangi. Kemudian, kata Nadia, warga negara asing (WNA) masuk juga wajib telah divaksin lengkap dua dosis, menjalani tes polymerase chain reaction (PCR) sebanyak tiga kali, dan karantina selama delapan hari.

"Ini kebijakan yang ditetapkan Senin (13/9) kemarin untuk bandara," ujarnya.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membatasi pintu masuk internasional baik melalui transportasi darat, laut, dan udara. Hal tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan antisipasi dan pencegahan penyebaran varian virus baru Covid 19 termasuk Varian Mu (B.1.621) masuk ke Indonesia melalui simpul-simpul transportasi yang melayani rute internasional.

"Secara umum pengaturan syarat perjalanan internasional, baik di darat, laut, dan udara sama seperti aturan sebelumnya," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (15/9) malam.

Artikel Asli