Pemkab Blitar Sukses Gelar Pemilihan Gus & Jeng, Ini Harapan Bupati Mak Rini

jatimtimes.com | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 10:14
Pemkab Blitar Sukses Gelar Pemilihan Gus & Jeng, Ini Harapan Bupati Mak Rini

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) sukses menggelar Grand Final Pemilihan Duta Wisata Gus dan Jeng Kabupaten Blitar 2021, Rabu (15/9/2021) di Pendapa Agung Ronggo Hadinegoro.

Dengan mengambil tema The Beauty of Southlines, acara pemilihan Duta Pariwisata Gus dan Jeng Kabupaten Blitar kali ini digelar sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Blitar Rini Syarifah beserta jajaran dan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Blitar. Ajang ini diikuti oleh 24 finalis Gus dan Jeng yang sudah melalui tahapan seleksi yang ketat.

Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengatakan, proses pendaftaran dan seleksi Gus dan Jeng Kabupaten Blitar telah dimulai sejak Mei lalu dengan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 180 peserta. Lalu dilakukan seleksi semifinalis menjadi 50 peserta dan pada akhirnya terpilih 24 finalis yang akan bersaing menjadi Duta Wisata Gus dan Jeng Kabupaten Blitar.

"Pemilihan Duta Wisata Gus dan Jeng Kabupaten Blitar merupakan kegiatan rutin yang terselenggara tiap 2 tahun sekali dengan tujuan memilih putera dan puteri terbaik Blitar yang akan kita bina untuk menjadi representasi generasi penerus Kabupaten Blitar yang berkarakter dan turut serta dalam pengabdian membangun Kabupaten Blitar yang lebih maju dan sejahtera," kata Suhendro.

Suhendro menjelaskan, Pemilihan Duta Wisata Gus dan Jeng kali ini mengambil tema The Beauty of Southlines yang menggambarkan potensi besar yang ada di wilayah Blitar Selatan. Hal ini merupakan wujud apresiasi dan semangat kita dalam pembangunan yang sedang berlangsung di Blitar Selatan.

"Dengan adanya Jalan Lintas Selatan di wilayah Kabupaten Blitar yang menghubungkan antara pantai Serang hingga Pantai Tambakrejo tentu akan memberikan dampak yang luar biasa terhadap kepariwisataan di Kabupaten Blitar. Kita berharap duta wisata Gus dan jeng yang terpilih mampu memberikan kontribusi terhadap tantangan di era digital dalam pengembangan potensi yang ada di Kabupaten Blitar khususnya dalam hal kepariwisataan," paparnya.

Usai rangkaian acara yang menampilkan bakat masing-masing peserta saat yang ditunggu-tunggu pun tiba. Dalam acara Grand Final Gus dan Jeng Kabupaten Blitar 2021 ini para dewan juri sepakat memilih Gus Dimas (Dimas Putra Wijaya) peserta nomor 03 dan Jeng Arelisa (Arelisa Della Awangga) peserta nomor 18 sebagai pasangan Gus dan Jeng Kabupaten Blitar 2021.

Pemenang Gus dan Jeng nantinya memiliki misi untuk mencitrakan dan mempromosikan Kabupaten Blitar dalam bidang apa pun pada tingkat regional, nasional, bahkan internasional. Salah satunya dengan cara mengikuti perkembangan teknologi informasi sehingga Blitar dikenal luas oleh semua kalangan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blitar Rini Syarifah, mengucapkan selamat pada finalis yang terpilih sebagai Duta Wisata Gus dan Jeng Kabupaten Blitar 2021. Pemilihan Duta Wisata Gus dan Jeng merupakan salah satu kegiatan positif yang diharapkan dapat mengangkat potensi di Kabupaten Blitar, terutama di sektor pariwisata. Kabupaten Blitar adalah memiliki banyak potensi wisata dan ekonomi kreatif seperti wisata alam, budaya, kuliner, wisata khusus.

"Dengan adanya Gus dan Jeng Kabupaten Blitar 2021 ini diharapkan bersama-sama kita bisa mengembangkan potensi wisata yang kita miliki termasuk pengembangan ekonomi kreatif salah satunya adalah industri kria batik. Dengan ditetapkannya Batik Cakra Palah diharapkan jadi semangat baru. Dan saya sangat mengapresiasi batik ini untuk dijadikan sebagai batik di Kabupaten Blitar," ungkap Mak Rini.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Blitar tersebut berpesan, Duta Wisata Gus dan Jeng 2021 memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar untuk membawa nama baik Kabupaten Blitar. Salah satunya yakni menjadi agen promosi penerapan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Tugas adik adik Duta Wisata mematuhi protokol kesehatan, pesan kepada adik adik yang terpilih menjadi Duta Wisata Kabupaten Blitar tahun 2021 Harus menjaga pribadi yang santun, cerdas, kreatif, dan memiliki respon terhadap kehidupan sosial. Selain itu, dapat terus berprestasi, berkontribusi, memberikan aksi nyata, memberi solusi terhadap permasalahan pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga harapan kita sama-sama mewujudkan kabupaten Blitar Maju Bersama dan Sejahtera Bersama," tuntasnya.

Artikel Asli