Perambah Hutan Toffo Rompu Ditangkap

suarantb | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 03:20
Perambah Hutan Toffo Rompu Ditangkap

Mataram (Suara NTB) Perambah hutan Toffo Rompu, Kabupaten Bima berinisial IBM alias GBI ditangkap. Pria ini menebang pohon kawasan hutan dengan peralatan seadanya. Areal penebangan kemudian dibakar. Rencananya hendak dijadikan ladang.

Kasi Gakkum Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB Astan Wirya menjelaskan, pelaku masuk kawasan hutan RTK.65 ini dengan membawa mesin chainsaw dan bensin.

Pelaku tertangkap tangan sedang menebang untuk merambah hutan. Pohon yang ditebang ini kemudian dibakar, ucapnya dikonfirmasi Rabu, 15 September 2021.

Pelaku yang berasal dari Desa Woro, Madapangga, Kabupaten Bima ini beraksi seorang diri. Di lokasi tempatnya ditangkap, tampak sisa pohon yang terbakar, batang pohon tebangan, serta peralatan yang dipakai untuk merambah.

Penanganan kasus ini awalnya ditangani Satgas Operasi Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan (P3H) bersama Tim Gakkum Dinas LHK Provinsi NTB. Aktivitas pelaku berpotensi menimbulkan kebakaran hutan dan lahan, jelasnya.

Astan menyebutkan, dari hasil perkara, pelaku yang dikenal dengan panggilan Guru ini ditetapkan sebagai tersangka. Pelaku IBM kini sudah ditahan di Rutan Polda NTB sembari menjalani proses penyidikan.

Pelaku disangka melanggar pasal 82 Juncto Pasal 12 UU RI No 18/2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dan atau Pasal 78 dan atau Pasal 50 UU RI No 41/1999 tentang Kehutanan seperti tertera pada Pasal 36 UU RI Nomor 11/2020 tentang Cipta Kerja.

Pelaku diduga menebang pohon secara tidak sah, menduduki kawasan hutan secara tidak sah dengan membakar hutan, serta memanen hasil hutan dalam kawasan hutan tanpa hak dan persetujuan pihak berwenang, paparnya. (why)

Artikel Perambah Hutan Toffo Rompu Ditangkap pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli