PAUD Rinjani Tetebatu, Perkenalkan Wisata pada Peserta Didik Sejak Dini

suarantb | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 03:04
PAUD Rinjani Tetebatu, Perkenalkan Wisata pada Peserta Didik Sejak Dini

Selong (Suara NTB) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Rinjani Dusun Orong Gerisak Desa Tetebatu menjadi salah satu penunjang utama dalam BestTourismVillage United Nation World Tourism Organization (UNWTO). Aktivitas belajar mengajar PAUD Rinjani tidak lepas dari dunia wisata. Anak-anak diperkenalkan tentang wisata sejak dini, terutama adab menyambut para wisatawan yang datang.

Husniati, pengelola PAUD Rinjani kepada Suara NTB , Rabu, 15 September 2021 menuturkan, sekolah yang sudah 8 tahun terakhir meluluskan peserta didik ini memikat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno saat datang ke Tetebatu beberapa waktu lalu.

Setiap tamu yang berkunjung dan menginap di homestay-homestay yang ada di Tetebatu bisa nitip anak-anaknya ikut berinteraksi dengan para siswa lainnya. Ini biasanya saat wisatawan akan ada perjalanan ekstrem dan tidak bisa bawa anak, sebutnya.

Sejauh ini, sudah cukup banyak wisatawan yang menitipkan anak-anaknya ke PAUD Rinjani. Interaksi bersama wisatawan ini membuat para keluarga wisatawan banyak yang senang dan menambah waktu menginapnya di Tetebatu. Ada yang rencananya hanya satu malam, menambah waktunya hingga empat malam, sebutnya.

Tidak terhenti di situ, para wisatawan juga dipersilakan mengajar peserta didik di PAUD Rinjani yang sedari awal sudah belajar Bahasa Inggris, sehingga tamu-tamu yang datang dengan cepat dan mudah langsung bisa berinteraksi dengan baik.

Mereka kerap dibawa keliling kampung bersama para wisatawan. Oleh para guru PAUD, sudah mulai diajarkan Bahasa Inggris dan diajari memandu tamu yang datang.

Kegiatan PAUD Rinjani yang mengolah sampah menjadi barang yang jauh lebih berguna ini menjadi penilaian tersendiri. Penanganan sampah ditegaskan Husniati sudah benar-benar diimplementasikan. Jadi, kalau selama ini jargon saja, kami di di sekolah benar-benar diimplementasikan setiap hari, tuturnya.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial lembaga pendidikan ini tidak terhenti hanya mendidik anak usia dini. Husniati menyebut, banyak warga Tetebatu yang menjadi buruh migran di luar negeri. Rumah-rumah warga yang kosong ini pun coba disulap menjadi homestay. Saat ini terdapat sekitar 14 homestay yang mendapat pembinaan.

Untuk itu, kedatangan wisatawan ke Tetebatu ini bukan kemudian menjadikan masyarakat sekitarnya menjadi penonton. Anggota masyarakat, utamanya ibu-ibu rumah tangga ikut diajak ambil bagian dan mendapatkan hasil dari kunjungan para wisatawan. Ada paket cooking class. Salah satunya, coffee prosess traditional. Pada kelas, dilibatkan langsung para ibu-ibu dan perempuan Tetebatu dalam pengerjaannya. (rus)

Artikel PAUD Rinjani Tetebatu, Perkenalkan Wisata pada Peserta Didik Sejak Dini pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli