Jadwal Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Diputuskan Hari Ini

inewsid | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 09:43
Jadwal Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Diputuskan Hari Ini

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah dan DPR akan memutuskan jadwal pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 hari ini, Kamis (16/9/2021). Pembahasan akan dilakukan Komisi II DPR bersama pemerintah yang diwakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Keputusan tersebut akan diambil dalam forum rapat kerja (Raker) dan rapat dengar pendapat (RDP) yang digelar di Komisi II DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (16/9/2021).

"Betul. Sesuai surat undangan pukul 10.00 WIB akan diselenggarakan RDP di Komisi II," kata Komisioner KPU, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Raka tak menjelaskan lebih lanjut terkait agenda di luar pengambilan keputusan jadwal pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024. Akan tetapi, dia memastikan rapat nanti akan melanjutkan rapat yang ditunda dalam kesempatan sebelumnya.

"Dalam surat disebutkan agendanya adalah melanjutkan raker dan RDP tanggal 6 September 2021," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Komisi II DPR memutuskan untuk menunda pengambilan keputusan resmi terkait jadwal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Hal itu dikarenakan tak hadirnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di dalam ruang rapat.

Saat membuka rapat, Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia Tandjung menyampaikan Mendagri telah berkirim surat kepada pihaknya terkait perizinan tak hadir dalam rapat lantaran tengah mendapatkan penugasan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Papua. Di sana, Tito mengecek persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) hingga menampung aspirasi terkait rancangan peraturan pemerintah terkait Otonomi khusus (Otsus) Papua.

"Jadi, kita akan sepakati bahwa hari ini karena Menteri Dalam Negeri tidak bisa hadir secara langsung, maka kita akan bahas atau kita ambil keputusan nanti di tanggal 16 September 2021," katanya saat membuka rapat di Komisi II DPR, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (6/9/2021).

Artikel Asli