Krisis Air Bersih Tiap Tahun, Warga Blokade Jalan

suarantb | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 02:44
Krisis Air Bersih Tiap Tahun, Warga Blokade Jalan

Bima (Suara NTB) Puluhan masyarakat Desa Kalampa Kecamatan Woha Kabupaten Bima, memblokade jalan lintas Tente-Godo atau tepatnya di Desa setempat pada Rabu, 15 September 2021.

Aksi menutup jalan dengan menggunakan serambi, batu, dan ember kosong tersebut lantaran warga setempat menuntut kebutuhan air bersih yang sulit didapatkan setiap tahun. Selain itu, warga yang kebanyakan kaum ibu-ibu ini juga mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima mencarikan solusi untuk menuntaskan permasalahan krisis air bersih.

Seorang warga, Amnah mengaku setiap tahun warga desa Kalampa mengalami krisis air bersih. Untuk mencukupi kebutuhan setiap hari, Ia mengaku terpaksa mengambil air bersih dari Desa tetangga. Tiap tahun kami krisis air bersih. Kalau tidak diambil di Desa tetangga, air bersih juga kita beli, katanya.

Warga lain, Sultan Maulana, mengatakan aksi blokade jalan sebagai bentuk protes warga yang selama ini membutuhkan air bersih. Kata dia, blokade jalan akan terus dilakukan, jika Pemkab Bima tidak merespon dan mengindahkan tuntutan warga. Warga Kalampa hanya ingin air bersih dan solusi konkrit Pemkab Bima. Karena persoalan ini terjadi setiap tahun, katanya.

Ia juga mempertanyakan janji Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bima, Drs. Taufik HAK M.Si, beberapa Bulan lalu yang akan berupaya menghadirkan pompa air bor dalam untuk mengatasi krisis air bersih di Desa setempat. Kami juga menagih janji Sekda sekitar 3 Bulan lalu, menghadirkan pompa air bor dalam yang sampai saat ini belum terealisasi, katanya.

Terlepas dari itu, Ia tidak menampik Pemkab Bima melalui BPBD kerap menyalurkan air bersih, hanya saja distribusi air bersih itu tidak cukup karena tidak setiap hari. Sementara warga yang membutuhkan air bersih setiap hari. Bantuan air bersih yang didistribusikan BPBD selama ini tidak cukup karena jumlahnya terbatas dan tidak setiap hari, ujarnya.

Kepala Desa Kalampa, Burhanuddin Al Rasyid mengaku tidak bisa berbuat banyak terkait puluhan warganya menutup jalan. Ia menegaskan, persoalan krisis air bersih sudah dilaporkan ke Pemkab Bima. Memang air bersih ini menjadi masalah utama di Desa Kalampa. Kami juga sudah berupaya melaporkan ke Pemkab, namun belum ada tindak lanjut, katanya.

Meski begitu, Ia tetap mengimbau warganya agar tidak menutup jalan saat melakukan aksi. Karena hal itu akan mengganggu lalu lintas perjalanan warga wilayah lain. Kami sudah meminta agar tidak memblokade jalan karena merugikan kepentingan umum, ujarnya.

Terlepas dari itu, Burhanuddin menambahkan, pihaknya sudah melaporkan kondisi warganya yang memblokade jalan karena sulit mendapatkan air bersih ke Bupati Bima secara lisan. Namun setelah itu jalan kembali dibuka. Terkait aksi ini sudah saya laporkan ke Bupati Bima secara lisan dan setelah itu warga kembali membuka jalan, pungkasnya. (uki)

Artikel Krisis Air Bersih Tiap Tahun, Warga Blokade Jalan pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli