Bioskop Dibuka jika Vaksinasi Sudah 80 Persen

radarjogja | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 09:29
Bioskop Dibuka jika Vaksinasi Sudah 80 Persen

RADAR JOGJA DIJ sudah membuka beberapa fasilitas umum, termasuk beberapa destinasi wisata. Juga pusat perbelanjaan. Namun, untuk pembukaan bioskop belum akan dibuka.

Gubernur DIJ Hamengku Buwono (HB) X belum mengizinkan dibukanya bioskop di DIJ di masa PPKM level 3. Pembukaan bioskop dikhawatirkan dapat menimbulkan kerumunan, sehingga berisiko terjadinya penularan Covid-19. Ya nantilah (pembukaan bioskop), itu tempat berkumpul, nanti kita batasi. Jangan membuka ruang-ruang yang beresiko, katany, kemarin (15/9).

HB X menegaskan, pihaknya sangat hati-hati dalam membuat kebijakan terkait melonggarkan kegiatan masyarakat, termasuk merencanakan untuk membuka bioskop. Hal ini melihat naiknya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 secara signifikan pada Juli hingga pertengahan Agustus 2021 lalu. Lebih baik hati-hati, bertahap daripada seperti yang terjadi kemarin. Di tempat lain naik 150 persen dalam tiga hari, kan repot, menurunkannya itu yang susah, kita masih fluktuatif, ujarnya.

Vaksinasi, kata ayah lima puteri itu, menjadi prioritas dilakukan saat ini. Setidaknya, ditargetkan vaksinasi seluruh masyarakat di DIJ mencapai 80 persen sebelum kegiatan masyarakat semakin dilonggarkan.

Di masa PPKM level 3 yang diperpanjang hingga 20 September 2021, ada beberapa kelonggaran. Seperti mulai dilakukannya uji coba pembukaan destinasi pariwisata.

Sementara itu, Public Relations Sleman City Hall Uray Dewi menuturkan, sebagai mal yang di dalamnya terdapat bioskop, pihaknya masih terus menunggu kebijakan dari manajemen XXI pusat.

Namun pada prinsipnya, pihaknya sudah siap dengan berbagai kebijakan-kebijakan yang menyesuaikan terkait prokes pencegahan Covid-19. Nanti kami menyesuaikan pula dengan kebijakan XXI, terangnya.

Terpisah, Public Relations CGV Marsya Gusman menyebutkan sejauh ini pihaknya mengetahui bahwa himbauan pemerintah mengenai pembukaan bioskop hanya di zona hijau saja. Selain itu pihaknya juga mengaku telah menyiapkan beberapa hal sebelum bioskop kembali dibuka.

Mulai dari rangkaian film-film pilihan, kesiapan protokol kesehatan seperti cek suhu, simbol untuk jaga jarak, penyediaan hand sanitizer, vaksinasi karyawan, sekat untuk pembelian tiket on the spot .

Manajemen CGV juga telah mensosialisasikan kepada publik agar menyiapkan aplikasi PeduliLindungi atau sertifikat vaksin saat berkunjung ke bioskop. Selain itu, meskipun pengunjung bisa melakukan pembelian tiket langsung di lokasi saat bioskop kembali dibuka, namun untuk meminimalisasi kontak dan pembayaran tunai konvensional, CGV menyediakan solusi pembelian tiket daring. Bisa melalui aplikasi CGV, laman jejaring, serta rekan pemesanan tiket daring CGV, jelasnya. (kur/pra)

Artikel Asli