Sudah 50 Teroris Dibekuk, Bakal Nyerang Saat Perayaan HUT RI Kemarin

jawapos | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 09:26
Sudah 50 Teroris Dibekuk, Bakal Nyerang Saat Perayaan HUT RI Kemarin

JawaPos.com Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar menyebut aparat keamanan telah menangkap puluhan pelaku teror di Indonesia. Mereka termasuk yang sudah merencanakan aksinya pada HUT ke-76 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 lalu.
Untungnya tindakan tersebut belum terlaksana lantaran sudah diendus oleh aparat kepolisian.

Karena kita tahu beberapa aktivitas rencana aksi teror menjelang peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 lalu, memang sudah terdeteksi adanya peningkatan kegiatan yang mengarah kepada aksi teror, ujar Boy di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (15/9).

Mantan Kapolda Banten ini menjelaskan, dari aksi yang telah digagalkan tersebut setidaknya aparat kepolisian telah menangkap 50 orang. Mereka diduga bakal melakukan serangkaian teror saat HUT Kemeredekaan Indonesia.

Bahwa telah dilakukan penangkapan untuk pencegahan lebih dari 50 orang, mereka terindikasi berkaitan dengan adanya rencana-rencana aksi, katanya.

Oleh sebab itu, Boy meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaanya terhadap aksi-aksi teror ini. Karena pelaku teror ini sebelum melancarkan aksinya selalu berbaur di tengah-tengah masyarakat.

Karena kejahatan atau orang-orang yang punya rencana aksi terorisme itu bisa berbaur dalam kehidupan masyarakat. Mereka hanya mencari peluang kesempatan yan menurut mereka adalah kesepatan yang baik, katanya.

Oleh karena itu kita harus berpikir bahwa memang yang terpenting kita siap siaga semuanya dalam menghadapi potensi ancaman. Mari sama-sama kita bersiap siaga untuk meningkatkan kewaspadaan dini, tambahnya.

Boy juga menuturkan, aparat keamanan tentunya akan terus bekerja untuk mengagalkan rencana-rencana teroris yang bakal melancarkan aksi terornya di Indonesia. Sehingga masyarakat diminta tidak perlu panik.

Namun demikian kita tidak usah panik, mendengarkan hal itu dan tentu aparat keamanan akan mendeteksi lebih jauh kebenaran akan informasi hal-hal tersebut, pungkasnya.

Artikel Asli