Beri Keringanan Pajak pada Pengusaha, Pemkab Lobar Pangkas Target PBB Rp 6Miliar

suarantb | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 01:39
Beri Keringanan Pajak pada Pengusaha, Pemkab Lobar Pangkas Target PBB Rp 6Miliar

Giri Menang (Suara NTB) Pemkab Lombok Barat melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) telah diberi keringanan sebesar 20 persen untuk PBB hotel dan restoran. Lobar menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari PBB bisa mencapai Rp15 miliar tahun ini. Keringanan pajak yang kami berikan untuk PBB saja, kita berikan potongan 20 persen, sama seperti tahun lalu ungkap Kepala Bapenda Lobar, Suparlan, saat dikonfirmasi kemarin.

Ia menyebut, saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari PBB yang diterima Lobar secara keseluruhan, baru mencapai 49 persen. Kalau PBB secara keseluruhan baru 49 persenlah, belum 50 persen imbuhnya. Di mana pada awalnya, target pendapatan Lobar dari PBB ini dipatok bisa mencapai Rp21 miliar. Namun, karena kondisi pandemi yang menyebabkan keterpurukan, tak terkecuali pariwisata.

Sehingga target itu diturunkan menjadi Rp15 miliar dan kata Suparlan itu diharapkan bisa mencapai target tersebut. Dan mengalami peningkatan dari tahun lalu yang hanya Rp13 miliar. Target kita dari PBB kan Rp21 miliar, tapi tahun kemarin bisa Rp13 miliar dan tahun ini kita targetkan Rp15 miliar bebernya.

Saat ini diakuinya pendapatan daerah dari PBB itu hingga Bulan September ini baru sekitar Rp8 miliar lebih. Dirinya pun optimis target PBB Rp15 miliar itu bisa tercapai. Karena menurutnya, PBB tidak begitu mengalami dampak besar akibat pandemi ini. Sementara itu, General Manager, Hotel Aruna Senggigi, Weni Kristanti mengakui bahwa pihaknya sendiri diberikan keringanan sebesar 20 persen untuk PBB tersebut.

Kalau keringanan pajak kita sama seperti tahun lalu, untuk PBB kita (Aruna) sudah mendapatkan keringanan sekitar 20 persen sebutnya. Ia menilai, hal itu sebagai salah satu bukti kepedulian pemerintah daerah. Dalam melihat kondisi dan situasi yang dialami para pelaku wisata yang terdampak oleh pandemi saat ini. Keringanan itu kita ajukan sendiri dan dari Senggigi Hotel Association juga mengajukan. Walaupun kondisi di tiap hotel berbeda-beda tutur Weni. (her)

Artikel Beri Keringanan Pajak pada Pengusaha, Pemkab Lobar Pangkas Target PBB Rp 6Miliar pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli