Pilih Gabung dengan Kubu Presiden Jokowi, Sandiaga Uno Masih Jadi Pilihan Emak-emak

radartegal | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 08:20
Pilih Gabung dengan Kubu Presiden Jokowi, Sandiaga Uno Masih Jadi Pilihan Emak-emak

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi perbincangan dalam webinar dengan tema, 'menakar elektabilitas figur capres 2024 pilihan emak-emak'.

Sandiaga Uno dinilai berpeluang menjadi calon presiden dengan dukungan kaum perempuan pada Pemilu 2024 mendatang. Ketua umum pimpinan pusat wanita Persatuan Umat Islam (PUI) Iroh Siti Zahroh mengatakan Sandiaga dinilai orang yang profesional.

"Bang Sandiaga Uno orangnya jujur, dia menyampaikan LKHPN-nya nyata apa adanya. Latar belakang keluarga baik serta pengalamannya yang profesional," kata Iroh, Rabu (15/9).

Iroh menjelaskan perempuan punya peranan penting pada Pilpres 2024, dikarenakan hampir 50 persen dari 270 juta rakyat Indonesia adalah kalangan emak-emak.

"Data lain menunjukkan di generasi Z ada 27,95 persen perempuan. Kalau dari segi umur sebagai pemilih pemula. Jadi, perempuan ini memiliki kontribusi dalam pemilihan," tutur Iroh.

Lebih jauh, Iroh menegaskan kriteria pemimpin yang diinginkan emak-emak di antaranya alim, bisa membangkitkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), berpengalaman, hingga memiliki kapasitas dan kapabilitas.

Sementara itu, Direktur Perludem Titi Anggraini menjelaskan perempuan seharusnya menjadi sasaran pergerakan pasangan calon (paslon). Terlebih, pemilih perempuan pada Pemilu 2019 lebih banyak daripada laki-laki.

"Harusnya perempuan juga menjadi wilayah pergerakan paslon. Paslon juga menghadirkan perempuan bukan hanya diperlukan suaranya saja. Kehadiran perempuan juga dimasukkan dalam visi misi yang akan dibuat paslon," kata Titi menegaskan.

Sebelumnya, bergabungnya Partai Gerindra dalam koalisi pemerintah juga dianggap tidak mempengaruhi elektabilitas Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang. Jumlah pemilih Prabowo tidak akan berkurang, meski ada kemungkinan dapat pemilih baru dari pendukung Presiden Joko Widodo.

"Migrasi pemilih juga terjadi pada para pendukung Pak Jokowi yang merasa respect, mengapresiasi kinerja Prabowo untuk bersama-sama presiden mengatasi pandemi COVID-19," ujar Direktur Survei dan Polling Indonesia (Spin), Igor Dirgantara, dalam keterangannya, Minggu (12/9).

Peluang dalam Pilpres 2024 terbuka lebar. Sebab Prabowo memiliki partai politik. Di samping itu, berdasarkan hasil survei Spin, popularitas dan akseptabilitas Prabowo mengungguli nama lain yang berpeluang menjadi calon presiden (capres).

Prabowo berada di urutan pertama. Angka popularitasnya mencapai nilai 89,1 persen. Sementara akseptabilitas sebesar 76,7 persen. (khf/zul)

Artikel Asli