Kapolri Perintahkan Jajarannya Humanis Terhadap Pengkritik saat Kunker Jokowi

limapagi.id | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 07:00
Kapolri Perintahkan Jajarannya Humanis Terhadap Pengkritik saat Kunker Jokowi

LIMAPAGI - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya lebih humanis kepada masyarakat saat pengamanan kunjungan kerja (Kunker) Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini merespons beberapa peristiwa pengamanan yang dilakukan aparat kepolisian terhadap masyarakat yang mengkritik Jokowi lewat poster atau spanduk.

Perintah Sigit tercantum dalam Surat Telegram Kapolri Nomor STR 862/IX/PAM.3./2021, tanggal 15 September 2021.

"Tiap pengamanan kunjungan kerja agar dilakukan secara humanis dan tidak terlalu reaktif," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu malam, 15 September 2021.

Argo menyampaikan, Sigit juga berpesan, apabila ada masyarakat yang berkerumun untuk menyampaikan aspirasinya dan sesuai Undang-Undang (UU), maka tugas pengamanan hanya mengawal rombongan tersebut agar tertib dan lancar.

"Jadi, pada saat ada Pak Presiden lewat, lalu ada sekelompok masyarakat, kami mengamankan, mengawal agar tertib," ujar Argo.

Selain itu, aparat Kepolisian juga diminta menyiapkan ruang bagi masyarakat atau kelompok yang akan menyampaikan aspirasinya.

"Jadi, Kepolisian setempat dapat memberikan ruang kepada masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya. Sehingga, bisa disampaikan," katanya.

Sigit, kata Argo, juga meminta jajarannya untuk mengimbau masyarakat tidak menganggu ketertiban umum saat menyampaikan aspirasi.

"Itu arahan dari Bapak Kapolri berkaitan dengan setiap ada kunjungan kerja Bapak Presiden ke daerah, baik saat maupun pasca-kunjungan tersebut. Ini kita sampaikan kepara jajaran agar dipedomani dan dilaksanakan dengan baik," tutur Argo.

Artikel Asli