Bagi BPIP, Sikap Letjen Dudung Abdurachman Justru Harus Dimiliki Setiap Insan di Tanah Air

rmol.id | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 07:29
Bagi BPIP, Sikap Letjen Dudung Abdurachman Justru Harus Dimiliki Setiap Insan di Tanah Air

RMOL.Inklusif merupakan sikap yang melampaui kata toleransi. Sikap itu juga yang diperlihatkan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Dudung Abdurachman saat memberi seruan kepada para prajuritnya untuk tidak fanatik berlebihan terhadap agama.

Penilaian ini disampaikan Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo atau yang akrab disapa Romo Benny kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, sikap inklusif yang ada dalam diri Letjen Dudung justru harus dimiliki setiap insan di tanah air agar bisa tetap hidup bersama walau dalam perbedaan keyakinan.

Ini sejalan dengan yang selalu dikatakan Menteri Agama, yakni soal moderasi beragama di Indonesia," katanya.

Untuk itu, dia tidak ingin pernyataan Dudung ditempatkan dalam konteks yang tidak sesuai. Romo Benny mengingatkan bahwa pernyataan itu disampaikan di depan para prajurit dan bukan dalam sebuah forum terbuka.

Singkatnya, Dudung memberi pernyataan itu untuk kembali Sapta Marga, menggairahkan nilai-nilai keagamaan universal yang berpihak pada kemanusiaan, dan tidak membeda-bedakan suku dan agama.

Karena kita bersaudara," kata dia. []

Artikel Asli