Indra Karya Raih Nusantara CSR Awards 2021

republika | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 06:22
Indra Karya Raih Nusantara CSR Awards 2021

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Indra Karya (Persero) meraih penghargaan kategori Integrasi Program untuk Dampak Luas pada ajang penghargaan Nusantara CSR Awards 2021 yang diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR melalui program Air Bersih Smart Water System Management Solusi Penuhi SDGs Nomor 6 (Air Bersih & Sanitasi Sehat). Penghargaan diterima secara langsung oleh Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) pada acara yang digelar pada Rabu (15/9) di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat. Acara itu mengusung tema Merdeka Dari Covid-19 dengan Kolaborasi.

Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Milfan Rantawi mengatakan, apresiasi dan penghargaan yang diterima ini merupakan hasil dari upaya inovasi Indra Karya dalam rangka mendukung Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ SDGs (Suistainable Development Goals) Nomor 6 yakni akses air bersih dan sanitasi yang dicanangkan oleh pemerintah di mana rencana pemenuhan 100 persen terhadap akses air bersih dan sanitasi sehat ini harus direalisasikan sesuai RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) tahun 2020 hingga 2024 mendatang.

Ia mengemukakan, raihan penghargaan ini membuat perusahaan terpacu untuk terus menjalankan program CSR berkelanjutan sebagai bentuk karya serta kontribusi bagi perusahaan agar semakin memberikan dampak positif bagi Perusahaan dan Masyarakat sebagai wujud BUMN untuk Indonesia.

Alhamdulillah kami mendapatkan penghargaan melalui program Air Bersih Smart Water System Management karya Indra Karya pada kategori Integrasi Program untuk Dampak Luas dalam ajang Nusantara CSR Awards 2021 yang digagas oleh The La Tofi School of CSR. Program Smart Water ini dapat berjalan tak lepas dari dukungan dari Kementerian BUMN, Kementerian PUPR dan BUMN-BUMN yang berkolaborasi bersama untuk memberikan solusi bagi masyarakat di desa-desa yang kesulitan akses air bersih. Raihan penghargaan ini menjadikan kami semakin terpacu dalam menjalankan program ini secara berkelanjutan sebagai bentuk karya untuk Bangsa dari kami selaku perusahaan BUMN dengan semangat BUMN untuk Indonesia, jelasnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Milfan menambahkan, Penghargaan di bidang Integrasi Program untuk Dampak Luas bagi Indra Karya yang merupakan BUMN konsultan konstruksi ini tentunya menjadi motivasi bagi kami kedepannya agar Indra Karya senantiasa dapat memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia melalui inovasi-inovasi yang terus dikembangkan untuk memperkuat riset dan pengembangan usaha yang dimiliki seperti halnya inovasi Smart Water System Management yang dikombinasi dengan pemenuhan tanggung jawab sosial lingkungan.

Raihan penghargaan ini juga disambut baik oleh Sekretaris Perusahaan PT Indra Karya (Persero), Okky Suryono. Ia menyatakan bahwa meraih penghargaan Nusantara CSR Awards 2021 ini merupakan sebuah apresiasi atas keberhasilan PT Indra Karya (Persero) dalam menjalankan fungsi perusahaan melalui program CSR dan CSV (Creating Share Value). Acara ini tentunya baik untuk diikuti agar dapat terus mengevaluasi dan memunculkan inovasi-inovasi baru khususnya pada bidang Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) atau CSR yang selaras untuk mendukung Core Business Perusahaan.

Kami mengucapkan terima kasih kepada La Tofi dan seluruh dewan juri atas kesempatan bergengsi ini. Penghargaan Nusantara CSR Awards 2021 dari The La Tofi School of CSR yang diraih ini merupakan sebuah apresiasi atas keberhasilan PT Indra Karya (Persero) dalam menjalankan fungsi perusahaan melalui program CSR yang tepat guna dan tepat sasaran bagi masyarakat sesuai dengan kompetensi bidang yang kami miliki. Kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Indra Karya sebagai salah satu penerima penghargaan. Penghargaan ini, dapat menjadi sarana pembelajaran untuk terus meningkatkan kualitas program serta mendorong CSV untuk mendukung bisnis perusahaan yang berkelanjutan, tutup Okky.

Program Smart Water System Management ini merupakan teknologi karya PT Indra Karya (Persero) yang diintegrasikan dengan Smart Card yang digunakan sebagai Tap Card untuk mengucurkan air bersih bagi masyarakat dengan kuota yang diberikan per orang sebesar 60-80 liter/hari, sehingga masyarakat mendapatkan air bersih secara adil dan merata. Teknologi ini sudah mulai diimplementasikan di Desa Modung, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan dan Desa Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat melalui Kolaborasi BUMN. Produk ini 100 persen merupakan produk anak bangsa yang melibatkan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dalam proses pembuatannya.

Artikel Asli