Penipuan Arisan Online di Makassar Dibongkar, Ini Pelaku dan Modusnya

bukamatanews | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 06:35
Penipuan Arisan Online di Makassar Dibongkar, Ini Pelaku dan Modusnya

MAKASSAR, BUKAMATA - Tiga terduga pelaku penipuan arisan online atau arisan bodong di Makassar, Sulsel, dibekuk. Korbannya merugi hingga puluhan miliar rupiah.

Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Ahmad Rizal didampingi Panit 2, Ipda Ahmad S Hajar yang memimpin penangkapan. Itu setelah puluhan korban melapor telah ditipu arisan online bernama Arisan Online Amanah.

Dari tiga terduga pelaku yang diamankan, satu pria. Dua lainnya perempuan. Pria bernama Arjuna (22), pacar dari owner Arisan Online Amanah bernama Lisdaliah (20). Yang satunya, Meidina (22), wanita yang bertugas mencairkan uang peserta jika ada yang dikirim ke rekening.

Iptu Ahmad Rizal menguraikan, penangkapan dilakukan di dua tempat. Yakni di Jl Sultan Alauddin dan Jl Panaikang, Kota Makassar, Rabu, 15 September 2021, malam, sekira pukul 20.30 Wita.

Ketiganya lalu dibawa ke Mapolsek Rappocini, untuk interogasi. Di depan petugas, Lisdaliah yang merupakan owner Arisan Online Amanah membenarkan telah melakukan tindak pidana penipuan. Modusnya, pelaku membuka arisan online via instagram. Selanjutnya, menyuruh para korbannya untuk mentransfer ke rekening milik pacarnya, Arjuna.

Setelah korban melakukan transferan, pelaku menyuruh Medina untuk mencairkan uang tersebut melalui M-Banking.

Kepada para korban, pelaku Lisdaliah memalsukan namanya dengan memakai nama Puput. Lisdaliah mengaku, jumlah nasabah arisan onlinenya ada 137 orang di Makassar.

Sementara itu, terduga pelaku Meidina mengaku dia dijadikan admin arisan online dan diberi tugas oleh Lisdaliah untuk menarik uang jika ada transferan nasabah yang masuk.

Sedangkan terduga pelaku Arjuna, mengakui rekeningnya yang digunakan untuk transaksi arisan bodong tersebut.

Bersama terduga pelaku, turut diamankan tiga unit ponsel, empat kartu ATM, satu buku tabungan dan satu unit mobil Honda Brio abu-abu.

"Atas perintah Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Jamal Fathur Rakhman, ketiga pelaku dan barang bukti kita serahkan ke Sat Reskrim Polrestabes Makassar," ungkap Iptu Ahmad Rizal.

Penulis: Noer

Artikel Asli