Bingung Pilih Sepeda? Ini 4 Tips Memilih Jenis Sepeda

republika | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 06:25
Bingung Pilih Sepeda? Ini 4 Tips Memilih Jenis Sepeda

REPUBLIKA.CO.ID. -- Kamu mulai suka sepedahan? Trus, bingung milih sepeda yang pas buat kamu? Nah, ini ada tips penting dan menarik buat kamu dari Mas Adjie Sambogo, goweser ulung Republika yang kerap melakukan perjalanan jauh dengan sepeda. Salah satunya, sepedahan dari Jakarta ke Blitar, Jawa Timur.

Ada empat tips memilih sepeda yang disampaikan Mas Adjie. Pertama, JALUR yang akan sering kamu lewati seperti apa? Aspal, tanah, perdesaan atau perkotaan?

Menurut Mas Adjie, bila kamu suka gowes di jalur aspal dengan kecepatan tinggi, bisa memilih jenis sepeda Road Bike.

photo
Pesepeda berada di luar jalur sepeda saat melintas di kawasan Sudirman Thamrin, Jakarta, Ahad (30/5). Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Bila kamu suka gowes di jalur aspal, simple, dan sekali kali kamu pakai ke kantor dan naik di Kereta Listrik Sepeda Lipat bisa menjadi pilihan. Bila jalur yang sering kamu lalui jalan perdesaan dan tanah atau berpetualang jalur jalur hutan, sepeda jenis MTB bisa menjadi pilihan.

Bila kamu suka di jalan aspal dan tanah atau pedesaan juga, sepeda Hybrid atau sepeda Gravel bagus dipakai.

Kedua, TEMAN gowes. Kok? Menurut Mas Adjie, teman gowes ini sedikit banyak mempengaruhi pilihan sepeda bila kamu bersepeda dengan teman-teman kamu. Tentunya akan lebih nyaman bila sama tipenya, sehingga jalur yang dilalui tidak ada hambatan dengan teman-teman kamu.

Ketiga, UKURAN . Setiap pabrikan biasanya mencantumkan ukuran sepeda untuk disesuaikan dengan tinggi badan kita. Hal ini harus dicek benar agar kamu bisa maksimal dan tidak mengalami cedera dikemudian hari bila bersepeda.

Dan keempat, HARGA . Tentu, ini faktor sangat penting juga ya. Beragam harga sepeda kini semakin banyak pilihan, mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta tentunya.

photo
Tim Sepeda Republika, Republikayuh, saat bersepeda di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Ahad (12 September 2021). - (Republikayuh)

Untuk yang satu ini tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan kamu, jangan dipaksakan yaa....

Sobat Gowes Republika, demikian empat tips memilih sepeda yang disampaikan Mas Adjie. Jika kamu ada pertanyaan soal sepeda bisa kamu sampaikan di DM Instagram @republikayuh yaa.

Kamu juga bisa berinteraksi dengan Mas Adjie di Instagram @adjiesambogo.

Artikel Asli