Cara Memasak Sayur Ini Ternyata tidak Sehat

republika | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 05:50
Cara Memasak Sayur Ini Ternyata tidak Sehat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sayuran sangat penting dan berharga bagi kesehatan. Kaya akan serat, vitamin dan mineral, sayuran dapat membantu Anda tetap kenyang tanpa menambah kalori berlebih.

Untuk menjaga nilai gizi tetap utuh, ada cara memasak sayuran yang harus dihindari yaitu digoreng. Sayuran yang digoreng seperti halnya bakwan memang begitu lezat, tetapi sayangnya itu tidak lagi menyehatkan bagi tubuh.

Ini tidak hanya menambahkan karbohidrat tambahan dari adonan, tetapi menggoreng apapun menambahkan satu ton lemak tambahan yang setara dengan tambahan kalori, kata ahli diet Zo Schroeder seperti dilansir dari She Finds , Rabu (15/9).

Ahli Gizi Heather Hanks menjelaskan, menggoreng sayuran bersifat kontraproduktif dengan proses penurunan berat badan karena beberapa alasan, terutama jika digoreng menggunakan tepung dan remah roti juga minyak sayur.

Minyak nabati mengandung lemak trans, yang merupakan lemak jahat yang dapat menyebabkan peradangan kronis, yang pada dasarnya mempersulit tubuh Anda untuk menurunkan berat badan, kata Hanks.

Selain itu, sayuran yang digoreng dengan adonan tepung juga akan mengintegrasikan gluten ke dalamnya. Jika Anda memiliki intoleransi gluten, ini dapat menyebabkan kembung dan peradangan yang bisa mempersulit proses penurunan berat badan.

Untungnya ada sejumlah metode memasak lain yang dapat membantu Anda mendapatkan manfaat maksimal dari makan sayuran secara teratur. Jika Anda ingin mengonsumsi sayuran yang renyah seperti hasil menggoreng, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan air fryer.

Caranya juga sangat mudah, lapisi sayuran dengan minyak zaitun untuk menyajikan lemak sehat dan meningkatkan metabolisme, lalu masak di air fryer , dan sayuran akan renyah seperti tanpa memerlukan lapisan tepung roti.

"Cara ini bisa menghilangkan gluten dari proses penggorengan, dan juga membantu menjaga lebih banyak mikronutrien dari sayuran tetap utuh untuk mendorong proses metabolisme yang membantu penurunan berat badan," jelas Hanks.

Metode ideal lainnya dalam memasak sayuran adalah dengan mengukus karena dimasak tanpa minyak, sehingga bisa mempertahankan vitamin dan mineral. Selain itu Anda juga menumis sayuran dengan menambahkan minyak zaitun.

Artikel Asli