Jorok, Masih Banyak Warga Mataram Buang Sampah di Sungai

lombokpost | Nasional | Published at Kamis, 16 September 2021 - 04:37
Jorok, Masih Banyak Warga Mataram Buang Sampah di Sungai

MATARAM-Hujan yang mengguyur beberapa hari ini dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk membuang sampah di saluran dan sungai. Akibatnya, di beberapa saluran terjadi penyumbatan karena banyaknya sampah.

Banyak sekali sampah di saluran dan sungai pada musim hujan ini, kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Mataram Miftahurrahman pada Lombok Post , kemarin.

Miftah, sapaan karibnya turun ke lapangan melihat langsung Satgas PUPR Kota Mataram mengangkat sampah yang dibuang ke saluran dan sungai. Seperti di Pejeruk Bangket Ampenan, Jalan Adi Sucipto, Perumnas, Sweta, Bertais, dan Jalan Panjitilar. Kemudian Jalan Majapahit, Sungai Ancar, dan Muara Pantai Loang Baloq.

Sampah saja isinya di saluran ini, kata Miftah sambil geleng-geleng.

Dia menurunkan sekitar 300 personel Satgas PUPR Kota Mataram membersihkan sampah di sejumlah saluran dan sungai. Bahkan, jika saluran ditutup, personel Satgas PUPR terpaksa membobol beton tersebut agar bisa membersihkan sampah yang ada di dalamnya. Kalau tidak kita bobol berpotensi ada genangan, cetus Miftah.

Selain membersihkan sampah di saluran, lanjut dia, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada warga agar tidak membuang sampah di saluran. Kami juga koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram terkait banyak sampah di saluran. Apa yang kita temukan di saluran kita kasih tahu DLH, ucapnya.

Kepala DLH Kota Mataram HM Kemal Islam mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi terkait penanganan sampah di Kota Mataram. Untuk sampah yang tercecer di lingkungan akan dilakukan kerja sama dengan lingkungan dan kelurahan. Sedangkan sampah yang ada di sungai atau saluran akan ditangani bersama Dinas PUPR.

Kita akan kerja sama tangani sampah yang tercecer di lingkungan dan saluran di Kota Mataram, tukasnya. (jay/r3)

Artikel Asli