Masjid Bersejarah Begumpur India Butuh Perbaikan

republika | Nasional | Published at 16/09/2021 03:57
Masjid Bersejarah Begumpur India Butuh Perbaikan

IHRAM.CO.ID,NEW DELHI -- Dengan kubah yang hilang, tanaman yang tumbuh dari struktur, dan rumput dan lumpur di halaman, masjid Begumpur yang terlupakan berada dalam kondisi rusak. Sementara pejabat Archeological Survey of India (ASI) mengatakan pekerjaan konservasi sedang berlangsung.

"Atap Masjid Begumpur baru saja runtuh karena hujan karena pengabaian ASI. Dengan manajemen yang lebih baik, keajaiban abad pertengahan yang luas ini masih bisa menjadi situs wisata penghasil pendapatan utama. Sebaliknya, itu dibiarkan runtuh dan menghilang," kata penulis dan sejarawan, William Dalrymple dengan mengunggah foto masjid, dilansir dari laman Indian Express pada Rabu (15/9).

Namun, seorang pejabat ASI mengklarifikasi terkait masjid Bergumpur. "Sebagian kecil telah jatuh pada tahun 2019 dan ASI memberi dukungan pada struktur yang tersisa dengan mendirikan pilar," kata dia.

"Sisa-sisa bangunan telah jatuh ke saluran pembuangan terdekat yang dibersihkan beberapa hari yang lalu oleh kantor lingkaran. Sisa-sisa dari saluran pembuangan yang dibersihkan oleh ASI sekarang terlihat sebagai bangunan yang runtuh," lanjut pejabat itu.

Artikel Asli