Wali Kota Optimistis Tomohon Kembali Gelar Festival Bunga

republika | Nasional | Published at 16/09/2021 02:07
Wali Kota Optimistis Tomohon Kembali Gelar Festival Bunga

REPUBLIKA.CO.ID, TOMOHON -- Wali Kota Tomohon Caroll J.A. Senduk optimistis pemerintah daerah kembali menggelar Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

"Kami berharap pandemi COVID-19 akan cepat berakhir dan ke depan Kota Tomohon dapat menampilkan lagi event internasional dengan nuansa bunga, yakni TIFF," ujar dia dalam dialog dengan Komite II DPD RI saat berkunjung ke Tomohon, Sulawesi Utara, Rabu (15/9).

Festival bunga internasional ini, kata dia, sudah dua tahun terakhir ini tidak digelar karena pandemi. "Ketika TIFF ini kembali digelar, Komite II DPD RI diharapkan dapat ikut berpartisipasi sekaligus menyaksikan perhelatan akbar TIFF yang telah membuat Kota Tomohon dikenal secara internasional," katanya.

Ia menyebut tanaman florikultura bunga krisan di Kota Tomohon berpotensi ekspor. "Ke depan pemerintah bersama pihak terkait akan berupaya mewujudkan apa yang menjadi harapan kita bersama, termasuk para petani bunga ekspor, bunga krisan," katanya.

Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian Liferdi Lukman dalam dialog secara daring itu, menjelaskan ekspor bunga krisan harus dapat memenuhi standar. Dia berharap, Tomohon nantinya tidak hanya mengekspor bunga krisan tetapi juga tanaman hias daun lainnya.

"Mewujudkannya selain pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian, peran pemerintah daerah harus benar-benar ada," katanya.

Artikel Asli