Dewan Lobar Gandeng Pusat Perbaiki Jembatan Pantai Cemara

lombokpost | Nasional | Published at 15/09/2021 15:15
Dewan Lobar Gandeng Pusat Perbaiki Jembatan Pantai Cemara

GIRI MENANG -Kawasan Pantai Cemara, Kecamatan Lembar mulai mendapat perhatian serius dari daerah dan pusat. Wakil Ketua DPRD Lobar Hj Nurul Adha menggandeng Anggota Komisi V DPR RI Suryadi Jaya Purnama (SJP) bersama Dirjen Bina Marga NTB untuk memperbaiki jembatan yang berlokasi di Dusun Cemara, Desa Lembar Selatan, Lobar.

Alhamdulillah saya mendampingi Pak SJP untuk mendengar aspirasi warga dan beberapa tokoh setempat, ada potensi besar yang harus di atensi disana, kata Wakil Ketua DPRD Lobar Hj Nurul Adha, Rabu (15/9/2021).

Ia menuturkan, jembatan tersebut merupakan akses satu-satunya warga Dusun Cemara. Jembatan itu juga menjadi akses utama wisatawan menuju Pantai Cemara. Meski sebelumnya pihak pemdes mendapat bantuan langsung dari salah satu artis ibu kota, namun dinilai belum memadai dalam perbaikan menyeluruh.

Ada perbaikan sedikit, tapi sekarang melalui usulan DPR RI untuk diperbaiki agar lebih bagus dan baik, sehingga infrastruktur transportasi ini bisa dilalui dengan aman dan nyaman, terang politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Ummi Nurul sapaannya, mengatakan, untuk mendapat perbaikan jembatan tidak serta-merta pusat langsung menggelontorkan anggaran. Usai kunjungan, dirinya akan menemui Bupati Lobar H Fauzan Khalid untuk mendapat surat permohonan dan proposal dari kabupaten. Dirinya juga berjanji akan mengawal proses pembangunan yang direncanakan permanen tersebut.

Persyaratan ini nantinya akan kami bawa ke pusat. Melihat kuota dari pusat terbatas, kita harap tahun 2022 yang dapat adalah Lobar, harap Ummi Nurul.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan NTB Reiza Setiawan mengatakan, pihaknya bersama Komisi V DPR RI telah menyurvei lokasi jembatan Cemara. Untuk mendapat perbaikan ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, seperti usulan bupati setempat dan Komisi V DPR RI.

Dalam proposal ini menjelaskan adakah manfaatnya atau tidak, ada tidak mobilitas pendukung, jelasnya.

Menyoal akses jalan, diakui sesuai kewenangan masing-masing. Dimana harus mendapat dukungan dari pemkab terkait. Bila perlu, ada integrasi dari Kementerian Pariwisata dan dukungan pusat lainnya.

Kita tunggu surat dan proposal dari bupati, imbuh Reiza.

Anggota Komisi V DPR RI Suryadi Jaya Purnama menambahkan, pihaknya akan mengupayakan dan perjuangkan perbaikan jembatan. Lantaran sangat dibutuhkan masyarakat sejak lama. Mengingat lokasi yang kerap terjadi banjir rob, mengakibatkan rusaknya badan jalan.

Selain itu, diharapkan jembatan tersebut nantinya menjadi ikon pariwisata daerah. Dengan menata lebih baik guna meningkatkan perekonomian daerah warga setempat.

Diperlukan sinergi untuk membangun ini, kita di Senayan akan perjuangkan, tukas SJP.

Kepala Dusun Cemara Munawir Haris menambahkan, kehadiran para pemangku kebijakan tersebut memberikan angin segar bagi masyarakat. Perbaikan sangat diinginkan guna mengangkat perekonomian masyarakat setempat. (ewi/r10)

Artikel Asli